: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Di Gelaran Indo Defence Forum & Expo 2018, P2 Kimia Usung Riset Frame Pistol Polimer Thermoplastik


Administrator, 07 November 2018

[Berita P2 Kimia] Gelaran Indo Defence Forum & Expo 2018 yang dibuka Wakil Presiden RI, Dr. H. Jusuf Kalla (JK) berlangsung meriah. Bertempat di JIExpo Kemayoran Jakarta, acara berlangsung dari tanggal 7-10 November 2018. Tak kurang 30 perwakilan negara-negara sahabat turut hadir di kegiatan rutin ini.

Dalam sambutannya, Wapres JK mengatakan setiap negara butuh peralatan dan senjata untuk mempertahankan diri. “Pameran ini memberikan kita pilihan-pilihan, pengetahuan baru, bagaimana suatu negara dapat memanfaatkan teknologi untuk keamanan dan pertahanan," ujarnya.

Acara yang didukung oleh Kementerian Pertahanan RI ini dihadiri oleh para peserta dari lembaga litbang, kementerian, universitas dan industri pertahanan. Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi tak ketinggalan menggelar standnya. Booth Kemenristekdikti diisi dengan produk-produk lembaga penelitian dari LIPI, LAPAN, BPPT dan sebagainya.

Aneka produk pertahanan ditampilkan di pameran ini. Mulai dari radar, pistol, drone, tank, truk, boat, helikopter, roket hingga pesawat. LIPI menampilkan sejumlah produk hasil penelitian yang dapat dimanfaatkan untuk industri pertahanan. Beberapa diantaranya adalah logam laterit, makanan ringan Probar dan frame polimer.

“Frame polimer ini bisa dimanfaatkan antara lain untuk rangka senjata genggam,“ terang Muhammad Ghozali, peneliti di bidang polimer P2 Kimia LIPI yang produk penelitiannya ditampilkan pada pameran di JIExpo Kemayoran tersebut. “Keunggulannya antara lain lebih ringan, lebih efisien dalam proses produksi dan lebih ekonomis,“ lanjutnya.

Produk-produk di stand Ristekdikti telah menarik sejumlah pengunjung untuk datang. Tak kurang, Roland Mines, staf kedubes Amerika untuk Indonesia turut melihat dan bertanya kepada Ghozali. Roland tampak fasih berbahasa Indonesia saat berdiskusi. Di samping itu, kehadiran MC dan pelawak yang tenar mulai 90-an, Jody Sumantri juga sempat meramaikan booth. Jody yang kerap berduet dengan Edwin ini tampak antusias menyimak produk-produk LIPI. Sebelum pergi, Jody sempat berfoto bersama dengan Ghozali dan penjaga stand yang lain. <aars/p2k>

ZONA INTEGRITAS