: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Di Pusdiklat Kementrian Perdagangan, Yenny Meliana Bimbing Peserta Diklat Membuat Karya Tulis Ilmiah


Administrator, 04 April 2018

[Berita P2 Kimia, Depok] Balai Diklat Penguji Mutu Barang (BDPMB), Pusdiklat Kementrian Perdagangan RI mengadakan Diklat Pembentukan Jabatan Fungsional Penguji Mutu Barang Kategori Keahlian 2018’. Salah satu pemateri yang diundang dari P2 Kimia adalah Dr. Yenny Meliana. Meli, sapaan akrab wanita yang merupakan Kepala Bidang Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Penelitian di P2 Kimia, memberikan pemaparan terkait Pengembangan Profesi: Karya Tulis Ilmiah.  Acara berlangsung selama dua hari, Selasa (3/4) hingga Rabu (4/4) dan bertempat di Pusdiklat Kementrian Perdagangan RI, Sawangan, Depok.

Purwo Sapto Hastoro, MM selaku Kepala Seksi Penyelenggaraan Diklat menyampaikan bahwa fungsional penguji mutu barang tingkat ahli ke depannya akan diwajibkan untuk membuat karya tulis ilmiah. Hal ini sejalan dengan Permendag yang sedang disusun. Oleh karena itu, BDPMB Kemendag mulai memberikan pembekalan kepada calon penguji mutu barang tingkat ahli dalam mebuat karya tulis ilmiah.

“Ke depan rekan-rekan pejabat fungsional penguji mutu barang tingkat ahli akan diwajibkan untuk membuat karya tulis ilmiah. Mulai tahun lalu, kami sudah melakukan pembekalan kepada fungsional penguji mutu barang kategori keahlian untuk membuat karya tulis. Kiranya melalui Diklat ini, Bu Meli dapat membagi pengetahuan dan pengalamannya sebagai peneliti di LIPI dalam menulis KTI dan mempublikasikannya,” ungkapnya dalam sambutan pembukaan mata kuliah pengembangan profesi dalam rangkaian diklat tersebut, Selasa (3/4).

Selanjutnya Meli memberikan pemaparan tentang jenis-jenis karya tulis ilmiah termasuk bagian-bagian atau strukturnya. Wanita yang juga merupakan peneliti madya di P2 Kimia tersebut mengajak kepada peserta untuk mencoba menulis. Para peserta yang berasal dari berbagai propinsi tampak dengan antusias mengikuti pemaparan yang disampaikan Meli. Diskusi hangat pun berlangsung selama kegiatan diklat.

“Biasanya yang berat dalam melakukan kegiatan menulis adalah memulainya. Dalam istilah kimia, perlu energi aktivasi yang tinggi untuk memulai,” ujar Meli.

“Tetapi jika kita sudah mencoba memulai menulis, biasanya akan terbawa suasana. Pada akhirnya kita akan asyik dengannya. Untuk itu langkah awal yang harus dilakukan adalah memulai. Jangan takut dan jangan malas untuk memulai,” lanjutnya mencoba memberikan motivasi kepada peserta.

Hari kedua, Rabu (4/4), kegiatan diisi dengan workshop pembuatan karya tulis ilmiah. Mulai dari merumuskan ide, mencari literatur, membuat konsep karya tulis, dan lainnya. Para nampak peserta begitu serius melakukan kegiatan hari itu. Tentunya suasana yang menyenangkan terus dibangun oleh Meli sehingga para peserta menikmati aktivitas workshop hari itu. <SJW/p2k>

ZONA INTEGRITAS