Berita

Diskusikan Kolaborasi Riset, Peneliti P2 Kimia Kunjungi Perkebunan Teh di Gambung


Administrator, 15 Mei 2018

[Berita P2 Kimia, Bandung] Para peneliti Pusat Penelitian (P2) Kimia LIPI mengunjungi Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) di Gambung (21/5). Para peneliti ini terdiri dari enam orang yang berasal dari berbagai kelompok penelitian dan latar belakang bidang keilmuan. Berangkat dini hari dari Serpong, lamanya perjalanan yang hampir delapan jam di tol tak mengurangi semangat mereka mengunjungi perkebunan dengan ketinggian 1300 m di atas permukaan laut ini.

“Kunjungan kami ke sini adalah dalam rangka diskusi lebih lanjut kerjasama penelitian terkait teh,“ terang Dr. Ir. Anny Sulaswatty, peneliti senior bidang teknik kimia yang mengkoordinasi kedatangan rombongan P2 Kimia. Pihak PPTK juga nampak sangat antusias menyambut kedatangan rombongan.

“Selamat datang di tempat kami kepada Tim Peneliti dari Pusat Penelitian Kimia LIPI,“ sapa Caretaker Direktur PPTK, Dr. Luqman Erningpraja, yang turun langsung memimpin para peneliti dan stafnya dalam menyambut tamu. Luqman didampingi sejumlah staf dan peneliti seperti Kepala Kelompok Peneliti Pra Panen dan Pasca Panen (Ir. Sobar Dorana, M.Sc.), Kepala Urusan Penyampaian Hasil Penelitian dan Tata Operasional Penelitian & Kerjasama Penelitian, (Eko Pranoto, Sp., MP.), dan para peneliti (seperti Heri Syahrian Khomaeni, Shabri, Hilman Maulana).

“Kerjasama ini semoga dapat menjadi langkah yang sangat strategis yang dapat membawa manfaat bagi kita semua,“ imbuh Luqman.

Dalam pertemuan di ruang rapat PPTK tersebut, dibahas mengenai tindak lanjut rencana pengembangan produk baru teh. Proposal riset yang disusun bersama, baik dari P2 Kimia LIPI maupun PPTK, telah disetujui melalui program Insinas  oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Bidang riset yang diteliti dan dikembangkan adalah lintas kluster, mulai dari teknologi penanaman teh, budidaya teh, pengujian senyawa aktif teh, pengembangan minuman fungsional teh, optimasi produksi teh, dan analisis potensi lingkungan berbasis daur hidup teh.

Usai berdiskusi di ruang rapat, rombongan P2 Kimia diajak berkeliling ke fasilitas perkebunan teh, mulai dari lahan penanaman teh, workshop, pabrik hingga gudang produk. Mereka dijelaskan terkait berbagai jenis klon unggul teh, cara panen, teknologi pengolahan dan pengemasan. Setelah berkeliling, rombongan berkumpul kembali di ruang rapat untuk berdiskusi lebih detail teknis pelaksanaan kegiatan.

Diskusi dipimpin langsung oleh Dr. Nino Rinaldi, Koordinator Kelompok Penelitian Teknologi Proses P2 Kimia. Nino memaparkan target keseluruhan pengembangan produk baru dan jadwal pelaksanaan kegiatan. Diskusi berlangsung sangat seru dan interaktif, baik dari P2 Kimia dan PPTK. Mereka saling memahami rencana kegiatan yang disusun dan berkomitmen untuk saling mendukung. <aars/ p2k>

ZONA INTEGRITAS