: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Jajaki Kerjasama Pengembangan Bioetanol Generasi Kedua, PT. Rekind Kunjungi P2 Kimia


Administrator, 09 November 2017

[Berita P2 Kimia, Serpong] Dalam rangka penjajakan kerjasama penelitian energi terbarukan khususnya pengembangan bioetanol generasi kedua, PT. Rekayasa Industri (Rekind) mengunjungi P2 Kimia pada Rabu (8/11/2017). Rombongan yang dipimpin oleh Iwan Daniel Gultom, AVP Technology Researh PT. Rekind tersebut bermaksud berdiskusi dengan peneliti P2 Kimia khususnya dari Keltian Biomassa dan Lingkungan. Bertempat di Ruang Rapat Utama P2 Kimia, rombongan disambut oleh Kasubbid Diseminasi dan Kerjasama P2 Kimia, Sujarwo. Hadir para peneliti dari P2 Kimia diantaranya Prof. Yanni Sudiyani, Dr. Haznan Abimanyu, Joko Waluyo, Muryanto, Sudiyarmanto, Yan Irawan, Dian Burhani, dan Feni Amriani.

“Selamat datang kepada kolega dari PT. Rekind. Kami menyampaikan permohonan maaf dari Kepala P2 Kimia karena tidak dapat hadir dalam acara hari ini. Pak Agus menyampaikan pesan bahwa P2 Kimia sangat menyambut baik inisiasi kerjasama ini dan berharap ke depan P2 Kimia dengan PT. Rekind dapat menjalin kolaborasi riset bersama,” buka Sujarwo mengawali acara kunjungan pagi itu.

Guna mengetahui maksud kunjungan PT. Rekind, selanjutnya Iwan Daniel Gultom dipersilakan untuk menyampaikan sambutannya. Iwan menyampaikan bahwa dia bersama tim bermaksud menjajaki peluang kerjasama terkait pengembangan bioetanol generasi kedua.

“Sebelumnya kami sampaikan terimakasih atas sambutan yang hangat dari P2 Kimia. Saya bersama rekan-rekan saya, Bu Rina Mariyana dan Pak Andrew Pasaribu bermaksud untuk berdiskusi dengan rekan-rekan peneliti di P2 Kimia. Seperti yang kami ketahui, P2 Kimia sudah melakukan penelitian sejak beberapa tahun yang lalu dalam upaya mengembangkan bioetanol berbasis lignoselulosa. Tentunya sudah banyak hal yang dilakukan oleh P2 Kimia. Oleh karena itu, perusahaan kami sangat berminat untuk melakukan kerjasama riset dan pengembangan bersama P2 Kimia,” ungkap Iwan menyampaikan maksud kunjungannya bersama tim.

Dr. Haznan Abimanyu selaku Koordinator Keltian Biomassa dan Lingkungan lalu memaparkan kegiatan-kegiatan apa saja yang sudah dilakukan P2 Kimia dalam pengembangan energi baru dan terbarukan. “Kami bersama dengan kolega dari KIST Korea pada waktu itu bekerjasama untuk mengembangkan bioetanol generasi kedua. Sampai dengan saat ini pun kegiatan penelitian tersebut masih terus dilakukan. Bahkan saat ini P2 Kimia ditunjuk sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) untuk pengembangan bioetanol generasi kedua oleh Kemenristekdikti. Tentu dengan pengalaman dan capaian-capaian yang diperoleh sampai dengan saat ini, kami akan sangat senang apabila dapat berkolaborasi dengan PT. Rekind,” papar pria yang merupakan peneliti madya di P2 Kimia tersebut.

Untuk memulai kegiatan diskusi, kemudian Prof. Yanni Sudiyani selaku koordinator kegiatan PUI Bioetanol Generasi Kedua memberikan gambaran umum tentang kegiatan penelitian bioetanol generasi deua di P2 Kimia. Lantas Yanni mengajak kolega dari PT. Rekind untuk melihat secara langsung pilot plant bioetanol generasi kedua yang dimiliki P2 Kimia. “Supaya diskusi lebih interaktif, saya persilakan kawan-kawan dari PT. Rekind untuk mengunjungi pilot plant bioetanol generasi kedua. Di sana nanti kita dapat berdiskusi lebih detail,” pinta wanita yang merupakan profesor riset di P2 Kimia tersebut. Selanjutnya rombongan dipandu oleh Yan Irawan menuju ke pilot plant bioetanol generasi kedua.

Selepas kunjungan ke pilot plant bioetanol generasi kedua, sesi diskusi masih terus dilanjutkan antara perwakilan dari PT. Rekind dengan peneliti P2 Kimia. Dalam diskusi yang sangat hangat tersebut, diperoleh beberapa kesepakatan yang akan dituangkan dalam perjanjian kerjasama antara P2 Kimia dengan PT. Rekind. Menjelang istirahat siang, sesi diskusi diakhiri dan seluruh peserta melakukan sesi foto bersama. <sjw, p2k>

ZONA INTEGRITAS