Berita

Komitmen dan Dokumentasi, Kunci Sukses Pelaksanaan RB Guna Dukung Pencapaian Kinerja Satker


Administrator, 02 Februari 2018

[Berita P2 Kimia, Serpong] Komitmen dan dokumentasi. Dua kata kunci tersebut diucapkan oleh Rr. Widhya Yusi Samirahayu, dari Tim Penerapan Reformasi Birokrasi (RB) Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik (Telimek) LIPI saat menjadi narasumber rapat perdana Tim Penerapan RB tahun 2018 di Pusat Penelitian (P2) Kimia LIPI.

“Rapat ini bertujuan untuk memperkuat pelaksanaan RB di P2 Kimia sekaligus akan dilakukan penandatanganan perjanjian kinerja. Jadi silakan Bapak/Ibu Tim Penerapan RB P2 Kimia agar dapat belajar sebanyak-banyaknya dari Bu Yusi dalam kesempatan yang baik ini,” terang Kepala P2 Kimia, Dr. Agus Haryono, saat membuka acara yang berlangsung Kamis (01/02).

Bertempat di Ruang Rapat Utama P2 Kimia, Yusi menyampaikan pengalaman dan kiat-kiat sukses penerapan RB di P2 Telimek. Hadir dalam pertemuan tersebut, Kepala P2 Kimia, Koordinator dan Tim Penerapan RB P2 Kimia, koordinator tim KNAPPP P2 Kimia, koordinator kelompok penelitian, para pejabat struktural dan para peneliti senior.

“Penerapan RB di P2 Telimek termasuk yang dinilai paling baik di LIPI, sehingga sangatlah tepat P2 Kimia belajar dari pengalaman mereka. Hari ini kita mengundang Bu Yusi dalam rangka berbagi pengalaman beliau mengelola pelaksanaan RB di P2 Telimek sehingga nantinya dapat diterapkan juga di satker kita tercinta ini,“ ujar Didin Zaenudin, SE selaku koordinator Tim Penerapan RB P2 Kimia yang juga merupakan Kepala Bidang Sarana Penelitian di P2 Kimia ini.

Yusi kemudian memaparkan presentasi yang berjudul 'Membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)'.

“Sebenarnya, saya yakin secara administrasi pengalaman penerapan RB di P2 Kimia dan P2 Telimek hampir sama. Namun yang paling penting adalah bagaimana menjaga komitmen dan mendokumentasikan setiap kegiatan,“ ujar wanita yang juga Kepala Bagian Tata Usaha P2 Telimek tersebut. “Tulis apa yang biasa kita lakukan dan lakukan apa yang kita tulis,“ tegasnya.

Hal ini diamini oleh Kepala P2 Kimia, Dr. Agus Haryono. Agus mengungkapkan bahwa di P2 Kimia telah dikembangkan berbagai strategi manajemen mutu seperti ISO 17025, ISO 9001 dan KNAPPP. “Sinergi antar sistem mutu dan komitmen kita semua amat penting guna mendukung pelaksanaan RB di P2 Kimia,“ ungkapnya. Dalam sesi diskusi, terungkap berbagai permasalahan teknis yang terjadi dan beberapa alternatif penyelesaian.

Usai diskusi, acara diteruskan dengan penandatangan perjanjian kinerja. Perjanjian kinerja memuat indikator capaian kinerja yang direncanakan dan ditandatangani antara Kepala P2 Kimia dengan para pejabat struktural dan koordinator kelompok penelitian. Isi kinerja ini merupakan salah satu indikator pelaksanaan RB seperti publikasi ilmiah, paten, bimbingan penelitian, pemasyarakatan iptek, pemanfaatan sarana dan prasana, pelaporan administrasi dan sebagainya. Setelah istirahat siang, sesi dilanjutkan dengan rapat teknis internal Tim Penerapan RB P2 Kimia guna membahas aspek administrasi penyusunan dan pendokumentasian SOP dan pelaporan lainnya. <aars/ p2kimia>

ZONA INTEGRITAS