: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Kunjungi Serpong, Sivitas Universiti Sains Malaysia Berikan Kuliah Tamu dan Diskusi dengan Peneliti P2 Kimia


Administrator, 23 November 2017

[Berita P2 Kimia, Serpong] Pada Kamis (23/11/2017) P2 Kimia menerima kunjungan dari sivitas Universiti Sains Malaysia (USM), Dr. Jahangir Bin Kamaldin. Dr. Jahangir Bin Kamaldin merupakan senior lecturer dan lead advisor pada Advance Medical and Dental Institute di Universiti Sains Malaysia. Kehadiran beliau pada kesempatan tersebut yaitu untuk memberikan kuliah tamu dan diskusi dengan kelompok penelitian Natural Product and Phamaceutical Chemistry (NPPC) P2 Kimia. Kedatangan Dr. Jahangir Bin Kamaldin pada Kamis pagi itu disambut hangat oleh Dr. Yenny Meliana selaku Kabid. Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Penelitian (PDHP) P2 Kimia.

Mengawali rangkaian kegiatan hari itu, acara dibuka oleh koordinator kelompok penelitian NPPC, Prof. Dr. M. Hanafi. Dalam sambutan pembukaannya, Prof. Hanafi sangat senang karena Dr. Jahangir Bin Kamaldin berkenan berkunjung dan berbagi ilmu serta pengalaman kepada kelompok penelitian NPPC.

“Pertama-tama, saya ucapkan selamat datang kepada Dr. Jahangir Bin Kamaldin dan kolega dari Universiti Sains Malaysia. Kami sampaikan salam dari Dr. Agus Haryono, Kepala P2 Kimia karena beliau sedang mengikuti Diklat di LAN. Sebagai koordinator keltian, saya sangat berterimakasih atas kedatangan kolega dari Malaysia ke P2 Kimia. Saya berharap acara hari ini dapat menjadi sarana pertukaran informasi antara peneliti dari USM dan P2 Kimia. Tentunya ke depan harapannya kita dapat bekerjasama dalam pengembangan dan pemanfaatan tanaman-tanaman potensial sebagai herbal medicine seperti tema yang akan disampaikan oleh Dr. Jahangir Bin Kamaldin hari ini,” buka Hanafi sekaligus menyampaikan harapannya.

Selanjutnya, acara inti pun dimulai, kuliah tamu dari Dr. Jahangir Bin Kamaldin dengan tema Green2Gold Programme: Sustainable Uplifting of Local Herbs towards Global Medicinal Products. Dalam presentasinya, Dr. Jahangir Bin Kamaldin menyampaikan tentang strategi yang sedang dirancang olehnya bersama tim dalam rangka mengoptimalkan pemanfaatan tanaman-tanaman lokal di Malaysia sebagai obat terstandar. Tentunya muaranya yaitu bagaimana upaya optimalisasi tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kita sebagai negara tropis sudah seharusnya bersyukur atas nikmat keanekaragaman hayati yang dimiliki. Tentunya menjadi tantangan bagi pemerintah kita untuk dapat mengoptimalkan potensi dari kekayaan alam tersebut. Apalagi dunia saat ini sudah sangat menyadari manfaat dari penggunaan bahan-bahan alami untuk obat-obatan. Obat-obatan sintesis mulai tidak disukai oleh masyarakat, termasuk masyarakat barat,” ungkap Jahangir dalam pembukaan kuliahnya.

Melanjutkan pemaparannya, Dr. Jahangir Bin Kamaldin menyampaikan pandangan terkait strategi-strategi yang menjadi pemikirannya dalam upaya optimalisasi tanaman-tanaman berpotensi sebagai obat-obatan. Termasuk tantangan apa saja yang dihadapi oleh negara-negara yang konsen dengan upaya tersebut. Di akhir sesi, diskusi hangat pun berlangsung antara Dr. Jahangir Bin Kamaldin dengan para peneliti dari keltian NPPC P2 Kimia. Tidak kurang dari 25 peneliti P2 Kimia turut dengan antusias berpartisipasi aktif dalam kuliah tamu dan diskusi siang itu. Setelah acara pemaparan dan diskusi selesai maka dilanjutkan dengan penyerahan souvenir. Prof. M Hanafi mewakili P2 Kimia menyerahkan souvenir sebagai ucapan terimakasih kepada Dr. Jahangir Bin Kamaldin yang berkenan memberikan kuliah tamu di P2 Kimia.  Untuk menutup acara kuliah tamu dan diskusi hari itu, seluruh peserta melakukan foto bersama. Setelah istirahat siang, Dr. Jahangir Bin Kamaldin bersama koleganya dari Malaysia diajak berkunjung ke laboratorium dan fasilitas penelitian yang dimiliki P2 Kimia. <es/p2k, ed: sjw>

ZONA INTEGRITAS