: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Laporkan Perkembangan Kerjasama HZI Jerman dengan P2 Kimia, Prof. Joachim Wink Temui Kepala LIPI di Jakarta


Administrator, 22 Oktober 2018

[Berita P2 Kimia, Jakarta] Dalam rangkaian kunjungannya ke Indonesia, Prof. Joachim Wink dari Helmholtz Centre for Infection Research (HZI), Jerman bertemu dengan Kepala LIPI, Dr. L T Handoko. Pertemuan berlangsung di Ruang Kepala LIPI, Jakarta pada Senin (22/10). Hadir dalam pertemuan tersebut Dr. Eng. Agus Haryono, Kepala P2 Kimia, Dr. Tjandrawati Mozef, Ketua Kelompok Penelitian Kimia Medisinal P2 Kimia, Dr. Rizna Triana Dewi, Peneliti Senior Bidang Kimia Bahan Alam P2 Kimia, dan Sujarwo, Kepala Sub Bidang Kerjasama P2 Kimia. Prof. Wink, bermaksud untuk menyampaikan progres kerjasama antara HZI dengan P2 Kimia LIPI.

“Kerjasama HZI dengan P2 Kimia pada prinsipnya berjalan dengan baik. Saat ini ada beberapa mahasiswa dari LIPI yang sedang menyelesaikan Ph.D nya dalam kerangka kerjasama ini yang dibiayai oleh DAAD Scholarship,” ujar Prof. Wink memberikan laporannya kepada Kepala LIPI.

Lebih lanjut, Prof. Wink menyampaikan bahwa telah banyak progres yang dicapai dalam kerjasama ini secara teknis. Pada prinsipnya pihak HZI sangat berharap supaya kerjasama tersebut dapat dilanjutkan mengingat secara legal, kerjasama telah berakhir pada April 2018 lalu. Dr. Tjandrawati Mozef selaku Koordinator kerjasama HZI-P2 Kimia memperkuat bahwa berakhirnya kerjasama tersebut perlu segera ditindaklanjuti mengingat beberapa peneliti LIPI sedang menyelesaikan Ph.D nya di Jerman.

Kepala LIPI pun memberikan apresiasinya kepada Prof. Joachim Wink dan Dr. Tjandrawati atas capaian yang telah diperoleh dalam kegiatan kerjasama tersebut.

“Atas nama LIPI saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada HZI dan Prof. Joachim Wink khususnya atas penerimaan dan dukungan yang sangat besar kepada staf peneliti LIPI yang sedang menyelesaikan Ph.D nya di Jerman,” ungkap L T Handoko menyampaikan apresiasainya.

Kepala LIPI juga berpesan kepada kedua belah pihak untuk terus mempekuat kolaborasi riset mengingat LIPI saat ini sangat mendorong para penelitinya untuk dapat berkolaborasi secara global demi mendukung visi LIPI menjadi lembaga penelitian berkelas dunia. Tentunya, kolaborasi dengan peneliti dan ahli dari negara-negara maju sangat penting bagi LIPI. L T Handoko pun memaparkan bahwa LIPI saat ini tengah memperkuat infrastruktur penelitian dalam bidang life sciences dan membutuhkan dukungan dari para ahli dalam kerangka kemitraan.

Sementara itu, Kepala P2 Kimia, Dr. Eng. Agus Haryono menyambut baik dukungan dari Kepala LIPI. Agus meminta kepada Prof. Joachim dan Dr. Tjandrawati supaya kegiatan penelitian tetap berjalan meskipun legal formal sebagai payung kerjasama telah berakhir. Dirinya pun berpesan supaya kelanjutan kerjasama tersebut segera dapat dipayungi. Tentunya dengan tanpa mengganggu peneliti P2 Kimia yang sedang menyelesaikan Ph.D nya dalam kerangka kerjasama HZI-P2 Kimia. <sjw/p2k>  

ZONA INTEGRITAS