: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Lewat Seni Ilmu Pengetahuan, P2 Kimia LIPI dan L’Oreal Promosikan Peran Perempuan Indonesia


Administrator, 09 Mei 2017

[Berita P2 Kimia, Serpong] L’Oréal-UNESCO FWIS 2016 pada 4 November 2016 silam telah memberikan penghargaan bagi ilmuwan perempuan yang memiliki semangat untuk membangun Indonesia di bidang ekonomi, kesehatan dan lingkungan. Yenny Melliana, peneliti muda Pusat Penelitian Kimia (P2 Kimia) LIPI menjadi salah satu ilmuwan Indonesia yang mendapatkan penghargaan tersebut lewat penelitiannya “Studi Nanocrystal Dan Nanodispersi Bahan Baku Obat Antimalaria Artemisinin”. Sebagai penerima anugrah L’Oréal-UNESCO FWIS, Yenny menerima bantuan pendanaan penelitian dan kesempatan untuk berbagi ilmu.

P2 Kimia pada 16 maret 2017 dipercaya menjadi penyelenggara seminar Sosialisasi Program L’Oreal – UNESCO for Women in Science. Acara ini sebagai salah satu wahana bagi para penerima dan penyelenggara anugrah L’Oreal untuk berbagi ilmu dan pengalaman dalam pengembangan seni ilmu pengetahuan. Dalam kegiatan ini, dihadirkan tiga pembicara kunci, yaitu Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd. (Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Kemdikbud), Ariadne L Juwono, M.Eng. Ph.D. (Staf Akademik Fakultas MIPA UI) dan Melanie Masriel (Kepala Komunikasi PT L’oreal Indonesia).

Acara dihadiri oleh para peneliti wanita dari 15 instansi, diantaranya LIPI, BPPT dan BATAN. Dosen dosen dari Swiss-German University dan Universitas Padjadjajaran juga turut hadir dalam seminar Sosialisasi Program L’Oreal – UNESCO ini.  L’Oreal – UNESCO Fellowship di Indonesia telah dimulai sejak 2004 dengan kerjasama dan dukungan penuh dari Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU). Prof. Dr. Arief Rachman sebagai Ketua Harian KNIU Kemdikbud juga turut memberikan sambutan dalam acara sosialisasi tersebut.

L’Oreal – UNESCO for Women in Science sendiri merupakan program dukungan untuk peneliti wanita Indonesia yang berusia di bawah 40 tahun untuk berkiprah lebih cemerlang dalam bidang penelitiannya masing masing melalui mekanisme kompetisi. Bidang penelitian yang dimaksud diutamakan untuk Life Science, Material Science, Engineering atau Matematika. Para peneliti wanita terpilih ini kemudian akan berkompetisi di tingkat internasional mewakili Indonesia. Hingga tahun 2017, L’Oreal – UNESCO Fellowship telah memberikan penghargaan pada 45 peneliti Indonesia dan 5 di antaranya telah menerima penghargaan di tingkat Internasional

Selain itu, L’Oreal – UNESCO Fellowship juga memperkenalkan program L’Oreal Girl in Science yang ditujukan kepada Mahasiswi S1 dari fakultas sains selain fakultas social dan humaniora. Hasrat mahasiswi dalam bidang sains dan cita cita untuk berkarir menjadi perempuan peneliti Indonesia akan dinilai berdasatkan essay dengan tema “ How Can You Contribute to Advancement of Science in Indonesia”. L’Oreal Sorority ini Science menjadi program kunci yang menghubungkan dua program di atas dan telah berlangsung selama 10 tahun di Indonesia. Melalui Program ini diharapkan para mahasiswi dapat menimba ilmu sebaik-baiknya tanpa khawatir akan dukungan finansial sehingga dapat lebih memfokuskan energinya untuk mewujudkan cita cita sebagai peneliti besar yang ia damba dambakan. <TBB/ p2kimia>

ZONA INTEGRITAS