Berita

Malam Puncak ISE 2017, Yenny dan Tim Terima Anugerah Alih Teknologi LIPI Award


Administrator, 25 Oktober 2017

(Liputan Peran Serta P2 Kimia LIPI di ISE2017 Bagian 4)

[Berita P2 Kimia, Jakarta]. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyelenggarakan malam anugerah di acara puncak Indonesian Science Expo (ISE) 2017 yang diadakan Rabu sore hingga malam hari (25/10). Acara malam anugerah ini diisi dengan penganugerahan penghargaan terhadap industri pengembang inovasi, alih teknologi LIPI Awards, kompetisi ilmiah remaja, National Young Inventor Awards (NYIA), Indonesian Youth Science Fair (IYSF) 2017 dan Special Awards.

Untuk kategori Alih Teknologi Awards, tim peneliti bidang polimer Pusat Penelitian Kimia LIPI yang dimotori Dr. Yenny Meliana, berhasil meraih penghargaan tersebut bersama dengan mitranya, Novan dari PT Nanotech Herbal Indonesia. Mereka mendapatkan penghargaan atas alih teknologi untuk krim anti selulit berbasis herbal. Di samping mereka, terdapat pula tiga pasang peneliti-industri lainnya yang dipanggil ke depan untuk menerima penghargaan di kategori yang sama.

“Penghargaan ini membuktikan bahwa hasil penelitian LIPI mampu mendapatkan kepercayaan dari industri, “ ujar Yenny tak dapat menyembunyikan kegembiraannya.

Yenny yang saat itu didampingi salah seorang anggota timnya, Melati Septiyanti, memang sudah cukup lama mengembangkan kosmetik berbahan baku pegagan tersebut. Kosmetik hasil temuan mereka bahkan sudah dipatenkan. Dan usaha mereka tidak sia-sia tatkala mitra industri tertarik mengembangkan produk mereka ke skala komersial.

Usai penghargaan Alih Teknologi Award, acara pun dilanjutkan dengan anugerah untuk para remaja sekolah yang mengikuti kompetisi ilmiah remaja. Beberapa sekolah peserta lomba ini juga dibimbing oleh para peneliti P2 Kimia LIPI. Daftar pemenang lengkap dapat dilihat di website LIPI: http://lipi.go.id/berita/Selamat-Ini-Para-Pemenang-dan-Penerima-Anugerah-Penghargaan-di-ISE-2017/19288

<aars/ p2 kimia>

ZONA INTEGRITAS