Berita

Melalui Kegiatan 'The 3rd ISAC 2017', P2 Kimia Promosikan Kerjasama Internasional


Administrator, 23 Oktober 2017

(Liputan Peran Serta P2 Kimia LIPI di ISE2017 Bagian 1)

[Berita P2 Kimia, Jakarta] Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menggelar perhelatan akbar Indonesia Science Expo (ISE) 2017. ISE 2017 dimulai Senin (23/10) di Balai Kartini Jakarta, dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK). Menko PMK, Puan Maharani dalam sambutan pembukaan mengatakan, saat ini pembangunan infrastruktur akan lebih baik apabila didukung riset inovatif. 

“Bisa dibayangkan riset yang inovatif dan kreatif bisa dilakukan apabila ada wadah yang tepat untuk menyetimulasinya sehingga Iptek kita bisa maju,” katanya. Menurutnya lagi, ajang ISE bisa menjadi wadah untuk pemanfaatan Iptek ini. ISE mampu menghadirkan berbagai kalangan mulai dari industri, ilmuwan, swasta, pemerintah hingga pemangku kepentingan lainnya untuk bertemu dan bersinergi dalam pembangunan nasional.

Selain berisi kegiatan pameran sains dan teknologi, ISE 2017 juga menyelenggarakan berbagai seminar dan simposium ilmiah, talkshow, science show, temu bisnis, serta pemberian berbagai penghargaan kepada pelaku Iptek. Sebagai satuan kerja dari LIPI, P2 Kimia ambil bagian dengan menyelenggarakan The 3rd International Symposium on Applied Chemistry (ISAC) 2017. ISAC 2017 ini memfasilitasi berbagi gagasan dan pengalaman penelitian terkini dan aplikasinya di bidang terkait kimia, serta untuk mempromosikan kerja sama internasional antar peserta. Peneliti, dosen, mahasiswa, praktisi industri dan perwakilan instansi pemerintah berpartisipasi dalam acara ini sebagai pemakalah maupun peserta.

Kegiatan yang berlangsung di Balai Kartini Senin-Selasa (23-24/10) tersebut menghadirkan pembicara kunci diantaranya Prof. Dr. David Lennon (University of Glasgow, United Kingdom), Prof. Dr. Hisao Kokusen (Tokyo Gakugei University, Jepang), Dr. Ir. Syahrul Aiman (P2 Kimia LIPI), Prof. Dr. Silvester Tursiloadi (P2 Kimia LIPI), Prof. Dr. Ing. Misri Gozan, M.Tech (Departemen Teknik Kimia Universitas Indonesia), Prof. Dr. Karna Wijaya (Departemen Kimia UGM), Prof. Dr. Joachim Wink (Helmholtz Centre for Infection Research, Jerman). Ditemui usai sesi pembukaan, Dr. Adep Dwiatmoko selaku ketua panitia ISAC 2017 mengungkapkan bahwa kegiatan tahunan yang sudah dimulai sejak 2015 lalu selalu mengundang antusiasme yang tinggi.

“Saya sangat senang bahwa antusiasme dari kolega-kolega sangat tinggi untuk berpartisipasi dalam ISAC. Tercatat selalu lebih dari seratus peserta berpartisipasi sejak pertama kali diselenggarakan di Bandung 2015 lalu. Hal ini tentunya tidak terlepas dari upaya kami untuk terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan simposium ini dari tahun ke tahun”, ungkap Adep yang merupakan salah satu peneliti muda di P2 Kimia tersebut.

“Selain itu, pada kesempatan tahun ini, ISAC juga dilengkapi dengan workshop terkait karakterisasi material dan analisis kimia yang akan diselenggarakan di laboratorium kami di Serpong pada 25 Oktober mendatang. Ini merupakan salah satu bentuk peningkatan yang kami lakukan”, lanjut Adep memberikan penjelasan.

Makalah yang dipresentasikan oleh peserta dalam ISAC 2017 selanjutnya akan dipublikasikan dalam American Institute of Physic (AIP) Conference Proceeding, sebuah prosiding terindeks Scopus. Lebih dari itu, beberapa makalah terpilih akan dipublikasikan dalam International Journal on Advance Science, Engineering and Information Technology (IJASEIT), Chemistry and Chemical Technology (ChemChem Technol), serta Communications in Science and Technology (CIST).

Dikutip dari situs resmi The 3rd International Symposium on Applied Chemistry (ISAC) 2017, tercatat sebanyak 186 orang mendaftar dalam simposium yang bertemakan 'Advances in suistainable energy and chemical feedstocks' tersebut. Adapun sejumlah 97 peserta mempresentasikan makalah secara oral, sedangkan 59 peserta mempresentasikan makalah dalam bentuk poster. Topik-topik yang dipresentasikan oleh pemakalah meliputi food science/technology, organic chemistry, analytical chemistry, inorganic chemistry, material chemistry, environmental chemistry, green chemistry, medicinal chemistry, chemical biology, biochemistry, chemical engineering, electrochemistry, computational chemistry, dan physical Chemistry. <sjw/ p2k>

ZONA INTEGRITAS