: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Melalui Workshop Pengenalan Standard ISO/IEC 17025:2017, Laboratorium P2 Kimia Siapkan Transisi ke Versi Terbaru


Administrator, 06 April 2018

[Berita P2 Kimia, Serpong] ISO/IEC 17025:2017 sebagai standard penyelenggaraan laboratorium pengujian dan kalibrasi telah dikeluarkan oleh ISO. Sebagai laboratorium penguji terakreditasi KAN LP-767-IDN, Pusat Penelitian Kimia (P2 Kimia) LIPI juga bersiap untuk menyesuaikan dengan standard baru tersebut. Guna memberikan pengenalan terhadap standard yang dikeluarkan ISO pada November 2017 lalu, bertempat di Ruang Rapat Utama P2 Kimia, diadakan ‘Workshop on Introduction of New Standard ISO/IEC 17025:2017’ pada Jum’at (6/4). Hadir sebagai narasumber yaitu Dr. Jahangir Bin Kamaldin dari Universiti Sains Malaysia (USM) yang juga merupakan Lead Advisor for ISO/IEC 17025 Laboratory QMS. Workshop diikuti oleh peserta dari P2 Kimia LIPI, P2 Fisika LIPI, P2 Material dan Metalurgi LIPI, Balai Teknologi Polimer BPPT, dan beberapa utusan dari laboratorium swasta di sekitar Kota Tangerang Selatan.

Acara dibuka oleh Dr. Sofa Fajriah selaku Manajer Mutu Laboratorium P2 Kimia. Sofa menyampaikan bahwa kegiatan workshop hari itu diharapkan dapat memberikan gambaran awal kepada personel laboratorium terkait perubahan-perubahan dari versi standard sebelumnya. Hal ini sejalan dengan kebijakan mutu di Laboratorium P2 Kimia untuk secara konsisten menerapkan standard ISO/IEC 17025.

“Terima kasih kepada Dr. Jahangir Bin Kamaldin yang berkenan berbagi dengan kami di sini. Kegiatan ini sebenarnya sebagai kelanjutan dari workshop hari sebelumnya bersama dengan rekan-rekan dari USM Malaysia. Mengingat Dr. Jahangir merupakan salah satu WG member di Malaysia berkenaan dengan review standard, saya meminta kesediaan beliau untuk berbagi. Alhamdulillah beliau bersedia dan sambutan dari rekan-rekan di Kawasan PUSPIPTEK juga sangat antusias sehingga workshop hari ini dapat terlaksana,” ungkap Sofa yang juga merupakan peneliti di P2 Kimia tersebut.

Berikutnya acara inti pun dimulai. Dr. Jahangir memberikan pemaparan tentang revisi yang terjadi dari versi sebelumnya, ISO/IEC 17025:2005. Selain itu, pria yang juga merupakan dosen senior di USM tersebut memberikan gambaran tentang keterkaitan standard baru dengan ISO 9001:2015.

“Standard ISO/IEC 17025:2017 mengedepankan pendekatan Risk Based Thinking. Hal ini sejalan dengan ISO 9001 versi 2015. Selain itu, versi 2017 juga bersifat lebih fleksibel seperti dalam hal penyebutan istilah manajerial,” ujar Dr. Jahangir dalam pemaparan awalnya.

Dr. Jahangir Bin Kamaldin pun akhirnya mengupas ISO/IEC 17025 versi baru tersebut. Selama pemaparan, diskusi dan tanya-jawab pun berlangsung hangat. Setelah pemaparan dan diskusi selesai, acara pun dilanjutkan dengan sesi foto bersama antara narasumber dengan seluruh peserta. Hadir dalam sesi penutupan, Kepala P2 Kimia, Dr. Eng Agus Haryono. Agus menyampaikan bahwa Laboratorium P2 Kimia akan segera menyesuaikan dengan versi terbaru dari ISO/IEC 17025.

“Laboratorium Penguji di P2 Kimia baru saja mendapat reakreditasi awal tahun ini. Tentunya manajemen akan berupaya agar segera memperoleh akreditasi untuk ISO/IEC 17025 versi 2017. Kiranya pengenalan ini akan menjadi bekal awal bagi personel laboratorium untuk mengenal, kemudian memahami, dan berikutnya menerapkannya di tempat kami,” terang Agus sekaligus menyampaikan harapannya. “Kepada Dr. Jahangir Bin Kamaldin, saya sampaikan terima kasih telah memberikan sharing yang sangat bermanfaat kepada kami. Dengan ucapan Alhamdulillahirabbil ‘alamin acara hari ini saya tutup,” lanjut Agus sekaligus menutup acara hari itu. <SJW/ p2k>

ZONA INTEGRITAS