Berita

Optimalkan Eksplorasi Minyak, Peneliti P2 Kimia Paparkan Penelitian Teknologi EOR


Administrator, 21 Juni 2017

[Berita P2 Kimia, Jakarta] Indonesia terkenal akan Sumber Daya Alam (SDA) melimpah termasuk diantaranya adalah minyak bumi yang menjadi komoditi energi terbesar Indonesia. Namun, sebagai sumber energi yang tidak terbarukan (Non-renewable energy sources) dan isu berkembang menipisnya cadangan minyak bumi, maka penting adanya teknologi yang dapat mengubah paradigma teknologi dengan memaksimalkan hasil pengeksploran melalui teknologi baru yang disebut Enhanced Oil Recovery (EOR). Pusat Penelitian Kimia (P2K) LIPI memberikan kontribusinya melalui kerjasama yang dilakukan bersama-sama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi (PPPTMGB) LEMIGAS untuk mengembangkan surfaktan yang diaplikasikan untuk teknologi EOR.

Pada Senin (19/06), Tim Peneliti P2K LIPI yang terlibat dalam penelitian kerjasama pengembangan surfaktan untuk teknologi EOR yaitu Yan Irawan, M. Si, Egi Agustian, M. Eng dan M. Ghozali, M. T,  mempresentasikan kemajuan hasil penelitian yang berjudul “Bahan Aktif Permukaan Alkoksi Sulfonat Berbasis Nabati untuk Injeksi Kimia” dalam acara I-on-I meeting kegiatan Litbang Migas. Acara tersebut dibuka oleh Kepala Lemigas dan berlangsung selama satu hari pada pukul 09.00 – 12.00 WIB. Audiensi dari pertemuan  tersebut berasal dari beberapa lembaga diantaranya : Lemigas, SKK Migas, Dirjen Migas, Pertamina, dan PPIK ITB.

"Surfaktan yang kami kembangkan telah diujicoba di kilang minyak dan menunjukkan hasil positif," papar Yan selaku koordinator kegiatan penelitian. "Untuk mengoptimalkan hasil, perlu dilakukan pengembangan lebih lanjutan seperti pengujian laboratorium, skrining formula surfaktan untuk injeksi kimia, pengembangan pada skala reaktor, serta penngembangan teknologi pada skala industri, " lanjutnya.

Keikutsertaan P2K LIPI menunjukkan kontribusi LIPI sebagai lembaga penelitian pemerintah yang turut mendukung optimalisasi eksplorasi minyak sebagai sumber energi dan komoditi terbesar Indonesia. Ini juga menunjukkan eksistensi peran P2K LIPI bekerjasama dengan lembaga pemerintah lainnya demi pencapaian tujuan nasional untuk memajukan sumber daya alam yang dimiliki oleh Indonesia.  (FA/ p2kimia)

ZONA INTEGRITAS