: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

P2 Kimia Bersama AMDI Universiti Sains Malaysia Selenggarakan Workshop on Strategic Herbal Research Collaboration


Administrator, 05 April 2018

[Berita P2 Kimia, Serpong] Pusat Penelitian Kimia (P2 Kimia) LIPI bersama Advance Medical and Dental Institute (AMDI) Universiti Sains Malaysia (USM) menyelenggarakan kegiatan bersama bertajuk 'Workshop on Strategic Herbal Research Collaboration'. Workshop yang dilaksanakan pada Kamis (5/4) tersebut diikuti oleh peserta dari P2 Kimia LIPI, AMDI USM, Pusat Studi Fitofarmaka Tropika IPB, Sekolah Tinggi Farmasi Bandung, serta Balai Besar Litbang Tanaman Obat dan Obat Tradisional Kemenkes RI. Bertempat di P2 Kimia Kawasan PUSPIPTEK Serpong, acara dibuka oleh Kepala P2 Kimia, Dr. Eng. Agus Haryono. Dalam sambutan pembukaannya, Agus menyampaikan bahwa dia sangat menyambut baik pelaksanaan kegiatan hari itu.

"Saya sangat senang bahwa pada akhirnya acara yang sudah direncanakan jauh-jauh hari dapat berlangsung sekarang. Kegiatan ini merupakan upaya bersama antara Indonesia dengan Malaysia guna memperkuat kegiatan penelitian dan pengembangan di Kawasan ASEAN," ujar Agus dalam sambutan pembukaannya. "Hal ini juga sejalan dengan apa yang diamanahkan oleh Pemerintah RI kepada LIPI untuk dapat melakukan akselerasi terhadap hilirisasi hasil riset khususnya pemanfaatan bahan alam sebagai obat tradisional," lanjut pria yang juga merupakan peneliti senior di P2 Kimia tersebut.

Berikutnya Dr. Jahangir Bin Kamaldin dari AMDI Universiti Sains Malaysia memberikan sambutan sekaligus perkenalan tim dari USM. Pria yang merupakan Research Leader di AMDI USM tersebut memaparkan bahwa dia bersama tim berharap dapat memperkuat jejaring dengan peneliti-peneliti di Indonesia. Jahangir yakin bahwa kolaborasi merupakan sebuah keniscayaan di tengah persaingan global yang semakin ketat. Sudah seharusnya kerjasama antar-bangsa khususnya anggota ASEAN semakin digalakkan.

"Kami jauh-jauh datang dari Penang ingin bersilaturahmi dengan sahabat-sahabat di sini. Bersama saya ada Dr. Hasni Arshad, Dr. Eshaifol Azam, Dr. Yusmaidie Aziz, dan Dr. Salina Mokhtar. Kiranya ke depan kita dapat mensinergikan kegiatan-kegiatan riset supaya hasilnya lebih signifikan. Apa yang tidak dapat dikerjakan di Malaysia dapat dilakukan di sini, begitu pun sebaliknya," ujar Jahangir sekaligus menyampaikan harapannya.

Acara satu hari tersebut diisi dengan kegiatan presentasi dari peneliti di P2 Kimia, peneliti di AMDI USM, dan Balai Besar Litbang Tanaman Obat dan Obat Tradisional. Dari P2 Kimia, hadir sebagai pembicara yaitu Dr. Sofa Fajriah, Prof. Dr. M. Hanafi, Dr. Tjandrawati Mozef, dan Dr. Teni Ernawati. Adapun dari Balai Besar Litbang Tanaman Obat dan Obat Tradisional, dr. Danang Ardiyanto menyampaikan pemaparan terkait saintifikasi jamu dan kegiatan-kegiatan di satuan kerjanya yang berada di Tawangmangu tersebut.

Menjelang sore hari diadakan diskusi yang dibagi dalam beberapa kelompok untuk membahas peluang kegiatan bersama yang dapat dilakukan. Pada akhir sesi, masing-masing kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi. Mengemukan beberapa tema penelitian bersama yang dapat disinergikan baik antara P2 Kimia, AMDI, Pusat Studi Fitofarmaka Tropika IPB, Sekolah Tinggi Farmasi Bandung, serta Balai Besar Litbang Tanaman Obat dan Obat Tradisional. Kemudian acara ditutup oleh Kepala P2 Kimia, Dr. Eng. Agus Haryono. Agus berharap apa-apa yang sudah didiskusikan bersama dapat diimplementasikan dengan baik. Dia pun mendorong supaya MoU antara LIPI dengan USM dapat direalisasikan dalam waktu dekat. <ES/ p2k, ed: SJW>

ZONA INTEGRITAS