: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

P2 Kimia LIPI dan FMIPA UNEJ Inisiasi Kolaborasi MBKM


Administrator, 09 Juli 2021

Serpong, Humas LIPI. Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yang telah diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2020, merupakan upaya menyiapkan lulusan pendidikan tinggi yang tangguh dalam menghadapi perubahan. Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2 Kimia - LIPI) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - Universitas Jember (FMIPA UNEJ) mengadakan pertemuan virtual untuk membahas kerja sama terkait penyelenggaraan magang mahasiswa, pertukaran dosen dan ahli, serta riset kolaborasi, pada Jumat (9/7).

Dalam acara diskusi, Kepala P2 Kimia LIPI, Yenny Meliana, menyampaikan apresiasinya atas pertemuan yang diinisiasi oleh pihak UNEJ. “Dengan adanya pertemuan daring di hari Jumat yang baik ini, kami rasa lebih cepat untuk membahas naskah kerja sama, sebelum ada implementasi lebih lanjut,” ujarnya.

Acara yang dihadiri Ketua Jurusan Kimia FMIPA UNEJ, Bambang Piluharto, membahas rencana kerja sama, untuk implementasi MBKM. LIPI dan UNEJ menyetujui untuk menunjuk koordinator dari masing-masing pihak. “Dari pihak LIPI koordinator adalah Akhmad Darmawan Koordinator Program Kimia LIPI,” ujar Yenny. Sementara dari pihak UNEJ adalah Ketua Jurusan Kimia. Berdasarkan usul Yenny terkait koordinator tersebut, disepakati untuk menambah pasal Pelaksanaan dalam naskah kerja sama tersebut.

Mengenai penandatangan, LIPI dan UNEJ telah menentukan tanggal penandatangan dan rencana penandatangan melalui Zoom. “Tanda tangan kami usulkan dilakukan melalui desk-to-desk,” ujar Bambang yang diamini oleh pihak LIPI. “Hasil dari pembahasan kerja sama ini akan kami rapikan dalam naskah kerja sama, baru akan kami sampaikan ke LIPI,” ujarnya. Diharapkan setelah pemeriksaan kedua belah pihak, menyetujui naskahnya, maka akan dilakukan penandatanganan di tempat yang terpisah.

Sebagai informasi, UNEJ merupakan perguruan tinggi negeri yang terletak di Jember, Jawa Timur. FMIPA awalnya berupa laboratorium yang melayani praktikum bidang ilmu MIPA di UNEJ.  Gedung laboratorium itu terdiri atas Lab. Dasar Matematika, Lab. Dasar Fisika, Lab. Dasar Kimia, dan Lab. Dasar Biologi. Pada tanggal 17 Juni 1993, dibentuk Pengelola Persiapan Pembukaan Fakultas MIPA. Persiapan ini menghasilkan rencana pembentukan 4 sub bidang studi (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi). Jurusan Kimia FMIPA UNEJ saat ini memiliki program S1. Laboratorium yang dimiliki Jurusan Kimia adalah Laboratorium Kimia Dasar, Biokimia, Instrumen, Kimia Analitik, Kimia Anorganik, dan Kimia Fisik.

(adl)

ZONA INTEGRITAS