: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

P2 Kimia LIPI Dukung Konferensi Internasional Life Cycle Assessment yang Diikuti Lebih dari 300 Peserta


Administrator, 25 Oktober 2018

[Berita P2 Kimia, Jakarta] Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (SIL UI) bersama  dengan Indonesian Life Cycle Assessment Network (ILCAN) dan Pusat Penelitian Kimia (P2 Kimia) LIPI menggelar The 3rd International Conference Series on Life Cycle Assessment (ICSoLCA) 2018.  Bertempat di Perpustakan Nasional Republik Indonesia Jakarta, acara berlangsung pada 23 - 25 Oktober 2018.

ICSoLCA merupakan even rutin yang digelar oleh ILCAN bekerjasama dengan mitranya. Pertemuan pertama diselenggarakan pada tahun 2015 di Puspiptek, Serpong. Pertemuan kedua tahun 2016 dilaksanakan di Universitas Pelita Harapan Karawaci. SIL UI menjadi tuan rumah konferensi yang ketiga ini dan menjadi universitas pertama di dunia yang berinisiatif menggelar konferensi internasional dengan mengombinasikan metode LCA dengan SDG.

Turut hadir dalam pembukaan acara, Direktur Sekolah Ilmu Lingkungan (Dr. Emil Budianto) dan Ketua Program Studi Magister Ilmu Lingkungan, SIL UI (Dr. Hayati Sari Hasibuan). Di samping itu, hadir juga mitra pendukung seperti Ketua ILCAN (Dr. Edi Iswanto Wiloso) dan Kepala Pusat Penelitian Kimia LIPI  (Dr. Eng. Agus Haryono).

“Konferensi kali ini mengambil tema life cycle assessment (LCA) as a metric to achieve Sustainability Development Goals (SDG),“ terang Direktur Sekolah Ilmu Lingkungan, Dr. Emil Budianto saat memberikan sambutannya. “SDG, atau tujuan pembangunan berkelanjutan, merupakan komitmen global dibawah Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), dimana Indonesia juga termasuk di dalamnya,“ lanjutnya.

Perhelatan ICSOLCA kali ini berhasil mengumpulkan lebih dari 200 artikel yang akan dipresentasikan secara lisan dan poster. Di samping itu hadir pula para peserta non pemakalah sehingga total peserta lebih dari 300 orang. Para peserta berasal dari universitas, lembaga penelitian dan industri, baik dari dalam dan luar negeri. Peserta dari luar negeri diantaranya berasal dari Amerika, Australia, Belanda, Jepang, Jerman, Prancis dan Sri Langka.

Para pembicara yang ditampilkan adalah para pembicara bereputasi di bidangnya dan diakui nasional maupun internasional dengan academic high impact factor. Mereka diantaranya Prof. Jatna Supriatna, M.Sc., Ph.D (Universitas Indonesia), Prof. Dr. Ir. Widodo Wahyu Purwanto, DEA (Universitas Indonesia), Ir. Sigit Reliantoro, M.Sc (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan), Dra. Nina Sardjunani, MA (Sekretariat SDG – Bappenas), Assoc. Prof. Jeroen B. Guinée (Leiden University, Belanda), Prof. Dr. Shabbir H. Gheewala (King Mongkut’s University of Technology Thonburi, Thailand). Selain itu ada pula Eric Mieras (Pre-Sustainability, Netherland), Dr. Jim Fava (Anthesis Group, USA), Prof. Dr. Ing. Marzia Traverso (RWTH Aachen University, Germany), Dr. Sanjeevan Bajaj (Federation of Indian Chambers of Commerce and Industry, India), Prof. Yasunari Matsuno (Chiba University, Japan) dan Dr. Cécile Bessou (Univ Montpellier, France).

Dari Pusat Penelitian Kimia LIPI juga mengirimkan sejumlah peserta pemakalah dan non pemakalah. Para peserta yang mempresentasikan hasil penelitian secara oral diantaranya Dr. Ahmad Randy, Teuku Beuna Bardant, M.Sc. dan Joko Waluyo, M.T. Mereka mempresentasikan kajian LCA untuk kasus sistem produk teh. Di samping Dr. Edi Iswanto Wiloso juga menjadi pembicara kunci di sesi paralel, sementara Arief A.R. Setiawan menjadi moderator di sesi paralel yang lain. <aars/ p2k> 

 

Berita Terkait

http://www.ui.ac.id/berita/sekolah-ilmu-lingkungan-ui-gelar-konferensi-internasional-pembangunan-berkelanjutan.html

http://ppkl.menlhk.go.id/website/index.php?q=535&s=be2793cdd2af9b687e24da064353ecd4681052d2

ZONA INTEGRITAS