: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

P2 Kimia Mendapat Kunjungan dari Dosen dan Mahasiswa Program Studi Kimia Universitas Nusa Bangsa


Administrator, 09 Juli 2018

[Berita P2 Kimia, Serpong] Senin (9/7) P2 Kimia mendapat kunjungan dari Program Studi Kimia Universitas Nusa Bangsa Bogor. Sekitar 40 mahasiswa dan 5 orang dosen berpartisipasi dalam kunjungan tersebut. Mamay Maslahat, S.Si, M.Si selaku Kepala Program Studi Kimia yang memimpin rombongan tersebut menyampaikan bahwa kunjungan kali ini dalam rangka mengenalkan aktivitas penelitian kepada mahasiswa khususnya yang mengambil mata kuliah spektroskopi.

“Sebelumnya kami sampaikan terima kasih atas penerimaan yang sangat baik dari P2 Kimia. Maksud kunjungan ini adalah dalam rangka mengenalkan aktivitas penelitian kepada mahasiswa kami. Khususnya pengenalan instrumen pengujian sebagai penunjang utama aktivitas penelitian,” ujar wanita yang merupakan dosen senior di Universitas Nusa Bangsa tersebut.

Rombongan disambut oleh Hendris Hendarsyah, Kasubbid Sarana Penelitian Khusus dan Sujarwo, Kasubbid Diseminasi dan Kerjasama. Pada kesempatan tersebut, beberapa mahasiswa menanyakan bagaimana untuk mereka dapat melakukan tugas akhir di P2 Kimia. Selain itu, mahasiwa juga meminta informasi terkait layanan pengujian di P2 Kimia.

“Saat ini, sesuai kebijakan di P2 Kimia bahwa kami memprioritaskan mahasiswa yang akan melakukan tugas akhir daripada mahasiswa PKL. Untuk tugas akhir, kami mensyaratkan mahasiswa dapat melakukan penelitian minimal 3 bulan di Laboratorium P2 Kimia. Hal ini supaya hasil yang diperoleh mahasiswa dan peneliti kami lebih optimal,” ungkap Sujarwo menjawab pertanyaan terkait bimbingan tugas akhir.

Selanjutnya, Hendris menjelaskan bahwa layanan pengujian di P2 Kimia sudah memiliki tarif yang ditetapkan oleh pemerintah. Beberapa diantaranya menerapkan tarif khusus untuk mahasiswa. Sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan, hasil pengujian dapat diperoleh maksimal empat belas hari kerja.

“Beberapa pengujian kami telah masuk dalam lingkup akreditasi ISO/IEC 17025. Guna dapat menggunakan layanan pengujian, pelanggan diminta untuk mengirimkan email ke layanan.kimia@mail.lipi.go.id. Selanjutnya, apabila sudah mendapat notifikasi terkait ketersediaan layanan, sampel dapat dikirimkan langsung ke P2 Kimia ataupun dikirim melalui jasa pengiriman,” terang Hendris menjelaskan prosedur layanan pengujian di P2 Kimia.

Akhirnya, seluruh mahasiswa dan dosen peserta kunjungan tersebut dipersilakan untuk melihat fasilitas pengujian yang ada di Laboratorium P2 Kimia. Tidak lupa, mereka juga diperkenankan untuk berdiskusi langsung dengan peneliti dan staf laboratorium yang menjadi penangggung jawab masing-masing instrumen pengujian. Para mahasiswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk mengunjungi Lab. Liquid Kromatografi, Lab. Gas Kromatografi, Lab. AAS, Lab. NMR, dan Lab. FTIR.

Para mahasiswa terlihat begitu antusias  berdiskusi dengan peneliti dan staf laboratorium. Hingga menjelang berakhirnya jam kerja di P2 Kimia, mereka masih larut dalam aktivitas diskusi. Setelah dirasa mencukupi dalam menggali informasi, mahasiswa dan dosen peserta kunjungan pun berpamitan untuk kembali ke Bogor.

“Kami sangat senang dapat melihat langsung aktivitas di laboratorium penelitian seperti di P2 Kimia ini. Tentu, wawasan yang kami peroleh sangat bermanfaat karena kami dapat melihat langsung bagaimana cara kerja dari instrumen-instrumen pengujian kimia yang kami pelajari di kampus,” kesan salah seorang mahasiswa saat dimintai pendapatnya terkait kegiatan kunjungan hari itu. <sjw, p2k>

ZONA INTEGRITAS