Berita

P2 Kimia Persembahkan Science Show Pembuatan Lotion Anti Nyamuk di Gelaran Indonesia Science Day 2018


Administrator, 26 April 2018

[Berita P2 Kimia, Jakarta] Dalam rangka HUT Pusat Peragaan IPTEK (PP-IPTEK), Kemenristekdikti ke-27, PP-IPTEK menyelenggarakan kegiatan Indonesia Science Day 2018 pada 20-22 April 2018 dengan tema "Science and Technology for Sustainable Life". Indonesia Science Day (ISD) 2018 merupakan ajang open house berbagai kegiatan sains yang didesain dengan konsep edutainment, menghibur, dan menginspirasi generasi muda dalam memajukan sains dan teknologi di Indonesia. Pameran Iptek dari berbagai instansi/sekolah/universitas pun digelar untuk menunjukkan kreativitas hasil karya anak bangsa dalam bidang sains dan teknologi.

LIPI yang dimotori Biro Kerjasama Hukum dan Humas (BKHH) tak ketinggalan turut berpartisipasi untuk memeriahkan acara Indonesia Science Day (ISD) 2018 dengan menampilkan “Kolase PKT Kebun Raya Bogor" dan “Science Show” pembuatan lotion anti nyamuk berbahan herbal dari P2 Kimia. Kegiatan dilaksanakan pada Jum'at (20/4) di PP-IPTEK yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Dalam kesempatan “Science Show”, P2 Kimia menyuguhkan materi bagaimana membuat lotion anti nyamuk dari bahan-bahan yang aman dan alami. Kegiatan dilaksanakan menjelang sore hari yang berpotensi membuat bosan dan lelahnya para siswa/mahasiswa setelah mengikuti acara demi acara. Namun hal tersebut tak membuat mereka kurang semangat mengikuti “Science Show”. Para peserta terlihat sangat antusias kala acara “Science Show” diumumkan akan segera dimulai. Dalam kegiatan tersebut, peserta ikut praktek langsung membuat lotion anti nyamuk. Hal ini membuat mereka begitu gembira.

Sebanyak tujuh grup menerima bahan dan peralatan serta panduan cara kerja. Para peserta tak sabar segera melakukan praktek sambil mengikuti arahan dari Dr. Yenny Meliana selaku peneliti P2 Kimia dibidang emulsi dibantu oleh Melati Septiyanti, Eni Suryani dan Sri Budi Harmami.

Diselingi pertanyaan sehubungan dengan kimia, mereka berebut menjawab karena akan mendapatkan hadiah souvenir dari LIPI. Sorak-sorai bahagia para peserta pun tergambar setelah mereka berhasil membuat lotion. Kemeriahan tercipta kala salah satu grup mampu menyelesaikan pembuatan lotionnya lebih dulu dibandingkan grup lain. Lotion dengan wangi sereh dan jeruk nipis itupun mereka masukan ke wadah-wadah yang sudah disediakan untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan acara praktik hari itu.

“Ini merupakan salah satu upaya LIPI dalam rangka menyemangati generasi muda untuk belajar sains. Melalui tema yang disajikan oleh P2 Kimia tadi, saya yakin banyak hal dan pengalaman yang didapat oleh peserta. Mudah-mudahan ke depan minat generasi muda terhadap sains terus meningkat,” ungkap Yutainten Kepala Subbagian Pengayaan Ilmiah Masyarakat BKHH LIPI dalam penutupan acara tersebut. (ES/P2K ed: SJW).

ZONA INTEGRITAS