Berita

P2 Kimia Terima Kunjungan Pimpinan dan Staf Dosen FMIPA Universitas Lambung Mangkurat


Administrator, 17 Januari 2018

[Berita P2 Kimia, Serpong] Sebagai tindak lanjut dari penandatangan nota kesepahaman antara Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2 Kimia) dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lambung Mangkurat (FMIPA-ULM), Rabu (17/01) salah satu pimpinan pada FMIPA-ULM beserta seorang staf pengajar Program Studi Kimia mengunjungi P2 Kimia di Serpong. Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Dr. Eng. Agus Haryono, Kepala P2 Kimia. Selain para koordinator penelitian, hadir dalam diskusi tersebut para peneliti senior P2 Kimia diantaranya Prof. Dr. M. Hanafi dan Prof. Dr. S. Tursiloadi.

“Saya ucapkan selamat datang kepada Dr. Abdul Gafur dan Dr. Sunardi dari FMIPA-ULM ke kantor sekaligus laboratorium penelitian kami di Kawasan PUSPIPTEK ini. Tentunya kami sangat senang mendapat kunjungan ini mengingat ini merupakan tindak lanjut dari apa yang sudah ditandatangani antara P2 Kimia dengan FMIPA-ULM tahun sebelumnya,” ujar Agus memberikan sambutan mengawali acara kunjungan tersebut. Kemudian Agus juga berharap supaya kerjasama ini dapat meningkatkan peran kedua institusi dalam kontribusinya terhadap pengembangan IPTEK.

Dr. Abdul Gafur selaku Wakil Dekan Bidang Akademik FMIPA-ULM juga menyampaikan harapan supaya penandatangan nota kesepahaman yang sudah dilakukan tidak berakhir sebatas di atas kertas. Gafur menginginkan agar ada kegiatan-kegiatan nyata sebagai tindak lanjut dari nota kesepahaman yang telah ditandatangani. “Kami berkunjung ke P2 Kimia dalam rangka silaturahmi dengan rekan-rekan peneliti di sini. Dengan diskusi dan melihat langsung aktivitas penelitian di P2 Kimia diharapkan ke depan kita dapat mensinergikan kegiatan-kegiatan penelitian kita. Bukan hanya sebatas mengirimkan mahasiswa tugas akhir ke sini, tetapi dapat terjalinnya kolaborasi penelitian antara peneliti di P2 Kimia dengan dosen di FMIPA-ULM,” Abdul Gafur memberikan penjelasan mengenai maksud dan tujuan kunjungan serta menyampaikan harapannya.

Berikutnya rangkaian acara dilanjutkan dengan diskusi bersama peneliti P2 Kimia yang hadir dalam acara tersebut. Mengemuka dalam diskusi diantaranya kolaborasi penelitian terkait bahan alam mengingat Kalimantan Selatan merupakan daerah yang kaya dengan keanekaragam hayati. Prof. Hanafi selaku peneliti senior kimia bahan alam sangat menyambut baik apabila dapat dilakukan penelitian bersama untuk menggali potensi bahan alam yang ada di Kalimantan Selatan.

“Saat ini P2 Kimia menekuni penelitian yang memiliki potensi untuk dimanfaatkan. Oleh karena itu, kelompok penelitian kimia bahan alam coba menggali potensi tanaman yang mudah didapat dan dibudidayakan. Kolaborasi penelitian antara P2 Kimia dengan FMIPA-ULM akan sangat baik apabila dapat terealisasi. Ke depannya kita dapat berkomunikasi lebih lanjut dengan rekan-rekan dari FMIPA-ULM,” ungkap Hanafi yang juga merupakan profesor riset di P2 Kimia tersebut. Diskusi hangat pun terus berlanjut sampai menjelang istirahat siang.

Setelah istirahat siang untuk makan dan sholat, Dr. Abdul Gafur dan Dr. Sunardi dipersilakan untuk berkeliling ke laboratorium dan fasilitas lainnya yang dimiliki P2 Kimia. Tidak lupa, guna mengabadikan acara kunjungan hari itu dilakukan sesi foto bersama. Mengakhiri kunjungan pada siang itu, kedua sivitas FMIPA-ULM pun pamit untuk melanjutkan kunjungan ke P2 Biomaterial di Cibinong pada hari berikutnya. <sjw/ p2k>

ZONA INTEGRITAS