: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Pada Workshop RENPAP di Bogor, Agus dan Melly Paparkan Penelitian Pestisida


Administrator, 06 September 2018

[Berita P2 Kimia, Bogor] Kementerian Perindustrian Republik Indonesia bekerja sama dengan Regional Network on Pesticides for Asia and the Pacific (RENPAP) menggelar The Workshop on Effluent Control and Waste Disposal in Pesticide Industry. Bertempat di Hotel Royal Padjajaran, Bogor, acara ini digelar pada 3-7 September 2018, bersamaan dengan Tripartite Review and Project Management Committe Meeting of RENPAP.

Workshop ini merupakan kelanjutan dari pertemuan RENPAP sebelumnya di Kathmandu, Nepal. Para peserta berasal dari negara-negara di Asia Pasifik seperti India, Pakistan, Nepal, Thailand dan Filipina. Acara dibuka oleh pejabat dari Kementerian Perindustrian dan menghadirkan pidato pembukaan oleh Direktur Jendral Kimia, Tekstil dan Aneka Industri.

Para peserta mendiskusikan terkait kemajuan penerapan program penghapusan Persistent Organic Pollutants (POPs)–suatu komponen organik yang tidak mudah diurai lingkungan- di masing-masing negara beserta manajemen ramah lingkungannya. Salah satu penggunaannya adalah pada biopestisida untuk tanaman. Jenis-jenis senyawa organik berbahaya telah dimasukkan dalam daftar konvesi Stockholm yang terus diperbarui.

Beberapa topik dalam workshop antara lain kebijakan industri hijau, prosedur pendaftaran pestisida, manajemen pengelolaan limbah berbahaya, pengawasan dan pengendalian residu pestisida, standar dan standar pengujian residu pestisida. Ada pula topik terkait pengelolaan IPAL di industri pestisida, produksi bersih, keselamatan lingkungan serta industri biopestisida di Indonesia.

Peneliti P2 Kimia juga turut hadir sebagai narasumber pembicara di acara tersebut, pada hari ketiga. Dr. Yenni Meliana hadir dan berbicara terkait penelitian residu pestisida. Sementara Dr. Agus Haryono, Kepala P2 Kimia, mengungkapkan tentang pengelolaan kimia POPs. Agus yang juga merupakan anggota komisi POP di organisasi FAO PBB ini menceritakan potensi POPs dan regulasi di tingkat internasional.

Di hari terakhir, para peserta dibawa berkunjung ke pabrik semen PT Indocement, Tbk yang berlokasi di Citeureup, Bogor. Di sana, mereka mengamati dan mendengarkan penjelasan terkait fasilitas pembuangan dan pengelolaan limbah berbahaya di pabrik tersebut. <aars/p2k>.

ZONA INTEGRITAS