: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Perkuat RB, P2 Kimia Sosialisasikan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Whistle Blowing System (WBS)


Administrator, 26 April 2018

[Berita P2 Kimia, Serpong] Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) saat ini sudah semakin baik dan akan terus ditingkatkan. Demikian diungkapkan Dr. Hiskia, Inspektorat dari LIPI, saat berbicara terkait “Sistem Pengendalian Instansi Pemerintah (SPIP) dan Whistle Blowing System (WBS)”. Hiskia diundang sebagai narasumber di Pusat Penelitian (P2) Kimia (25/4). Menurut Hiskia, hal ini dapat dilihat dari sejumlah indikasi, diantaranya Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) dan adanya sejumlah unit/ satuan kerja di bawah LIPI yang sudah masuk ke Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

“Salah upaya penting dalam meraih WBK dan WBBM adalah penguatan SPIP dan WBS,“ tekan Hiskia yang diperbantukan ke inspektorat dari Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi tersebut.

Hal senada diungkapkan Kepala P2 Kimia, Dr. Agus Haryono, saat membuka acara sosialisasi.

“Pelaksanaan RB di P2 Kimia semakin baik dan selaras dengan kemajuan LIPI,” ujarnya. “Kami juga tengah mempersiapkan diri menuju WBK dan WBBM,“ lanjut peneliti madya tersebut.

Dijelaskan oleh Hiskia, Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi yang mengatur tentang pelaksanaan program reformasi birokrasi. Peraturan tersebut menargetkan tercapainya tiga sasaran hasil utama yaitu peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintah yang bersih dan bebas KKN, serta peningkatan pelayanan publik.

Dalam rangka mengakselerasi pencapaian sasaran hasil tersebut, maka Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) mengeluarkan Peraturan Menteri PAN dan RB No. 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Instansi Pemerintah.

“Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) adalah sistem pengendalian intern (SPI) yang diselenggarakan secara menyeluruh di lingkungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah, “ terang Hiskia. “unsurnya mencakup lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi, serta pemanfaatan pengendalian intern,” lanjutnya.

Selain dengan SPIP, penguatan pengawasan juga melibatkan sistem WBS. Di LIPI, WBS dikelola secara terpusat oleh Inspektorat dan dilaksanakan di tiap unit satuan kerja.

Dalam sesi diskusi, dibahas berbagai permasalahan teknis untuk implementasi SPIP dan WBS di P2 Kimia. Beberapa tindak lanjut yang dirumuskan antara lain pengembangan sistem terpadu dengan memanfaatkan teknologi informasi/ website yang terintegrasi dengan LIPI. <aars/ p2 kimia>

ZONA INTEGRITAS