Berita

Prof. M. Hanafi dan Agus Haryono Terima Penghargaan Paten Terbanyak


Administrator, 25 Oktober 2017

(Liputan Peran Serta P2 Kimia LIPI di ISE2017 Bagian 5)

[Berita P2 Kimia, Serpong] Di hari ketiga ISE 2017 (25/10), bertepatan dengan penyelenggaraan The 2nd Indonesia International Conference on Science and Technology Park dan Seminar Nasional Teknopreneurship dan Alih Teknologi, dua orang peneliti P2 Kimia diundang untuk menerima penghargaan. Dua orang peneliti tersebut adalah Prof. Dr. M. Hanafi dan Dr. Agus Haryono.

“Selamat kepada dua orang peneliti ini atas capaiannya sebagai penemu invensi paten terbanyak se-Indonesia,“ ujar Plt. Kepala LIPI, Prof. Dr. Bambang Subiyanto, M.Sc. saat memberikan sambutannya.

Professor Muhammad Hanafi adalah peneliti senior di bidang bahan alam, pangan dan farmasi di P2 Kimia LIPI yang sudah menghasilkan 27 paten, sementara Dr. Agus Haryono adalah peneliti bidang polimer sekaligus Kepala P2 Kimia LIPI dengan hasil paten sebanyak 23 buah. Di samping paten, keduanya juga telah menghasilkan banyak publikasi terindeks nasional dan internasional, buku dan kerjasama penelitian. Beberapa produk penelitian Prof. M. Hanafi diantaranya terkait obat anti diabetes, anti kardiovaskuler, anti hepatitis dan anti kolesterol seperti LIPIStatin. Sementara penelitian yang pernah dipatenkan Dr. Agus misalnya plasticizer (antara lain untuk kantong darah), adjuvan vaksin, marka jalan dan polimer biosida.

"Penghargaan ini semakin memotivasi kami untuk semakin berkontribusi dalam mengembangkan iptek dan tentunya mendorong penerapannya di Indonesia," ujar Prof. M. Hanafi saat diwawancara seusai menerima penghargaan.

Turut hadir dalam penganugerahan itu adalah Kepala Pusat Inovasi LIPI, Prof. Dr. Nurul Taufikurrahman dan Staf Ahli Kemenristekdikti, Ir. Hari Purwanto, M.Sc. Di samping, itu hadir pula sejumlah pembicara luar negeri yang mengisi acara konferensi internasional itu. Konferensi ini diselenggarakan oleh Pusat Inovasi LIPI sebagai rangkaian acara Indonesian Science Expo 2017. <aars/ p2 kimia>

ZONA INTEGRITAS