: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Pusat Teknologi Farmasi dan Medika (PTFM) BPPT Kunjungi P2 Kimia LIPI dalam Persiapan Pelaksanaan Kerjasama


Administrator, 23 Oktober 2018

[Berita P2 Kimia, Serpong] Pusat Penelitian Kimia (P2 Kimia) LIPI bersama dengan Pusat Teknologi Farmasi dan Medika (PTFM) BPPT melakukan kerjasama Pengembangan Teknologi Enkapsulasi Sel Punca dan Medium Terkondisi Sel Punca Berbasis Alginat-Nanoselulosa untuk Aplikasi Wound Dressing. Guna membahas persiapan pelaksanaan kegiatan tersebut PTFM BPPT mengunjungi P2 Kimia pada Selasa (23/10).

Rombongan dari PTFM BPPT disambut oleh Dr. Amanda Septevani selaku Koordinator Kegiatan kerjasama P2 Kimia LIPI – PTFM BPPT. Hadir dalam pertemuan tersebut antara lain Hani Mulyani, Dr. Ahmad Randy, Melati Septiyanti, Yulianti Sampora, dan Yenni Apriliany dari P2 Kimia. Dalam kesempatan tersebut, Amanda mempresentasikan rencana kegiatan penelitian yang akan dilakukannya bersama tim dalam kerangka kerjasama antara P2 Kimia LIPI dengan PTFM BPPT.

“Ada beberapa kegiatan yang sedang kami siapkan terkait kerjasama ini. Rencananya, beberapa hal akan dilakukan di BPPT mengingat ketidaktersediaan fasilitas di P2 Kimia. Ke depan kita dapat mengajukan penelitian bersama dengan pendanaan dari Kementrian Ristekdikti baik melalui skema Insinas, PPTI maupun skema lainnya,” ujar Amanda dalam presentasinya.

Berikutnya, Dr. Swasni Puwajanti selaku Koordinator Kerjasama dari PTFM BPPT juga memaparkan rencana kegiatan yang sedang dan akan dilakukan oleh dirinya dan tim di BPPT. Swasni menyampaikan beberapa hal yang menjadi fokus penelitiannya di PTFM BPPT dan potensi yang dapat dikerjasamakan dengan P2 Kimia.

“Kami juga memiliki beberapa keterbatasan di PTFM, sehingga memerlukan dukungan dari P2 Kimia baik dari segi keilmuan maupun fasilitas penelitian. Beberapa hal akan dilakukan di tempat kami, sementara beberapa hal akan dilakukan di P2 Kimia,” ungkap Swasni memaparkan.

“Saya yakin, kolaborasi riset antara P2 Kimia LIPI dengan PTFM BPPT akan menghasilkan out put yang lebih signifikan,” lanjutnya penuh optimisme.

Selain pembicaraan teknis, kesempatan tersebut juga digunakan untuk membicarakan aspek legal formal pelaksanaan kerjasama. Sebagai payung awal, akan dilakukan penandatanganan Pernyataan Keinginan Bersama (Letter of Intent) oleh kedua belah pihak. LoI tersebut nantinya dapat menjadi dasar untuk kedua belah pihak melakukan kolaborasi riset sebelum dirumuskan perjanjian kerjasama lebih lanjut.

Untuk menutup rangkaian acara yang berlangsung setengah hari tersebut, dilakukan foto bersama antara tim peneliti dari P2 Kimia LIPI dengan tim dari PTFM BPPT. <sjw/p2k>  

ZONA INTEGRITAS