: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Puslit Kimia LIPI dalam Pameran Lab Indonesia 2010


Administrator, 21 April 2010

pameran-lab1Beberapa pengunjung pameran yang mengunjungi stan LIPI memberikan masukan yang berharga agar LIPI lebih profesional dalam melakukan pengujian. Menurut mereka efisiensi kinerja jasa analisa di LIPI masih perlu ditingkatkan untuk kepuasan pelanggan. “Semua masukan dari pengunjung sangat penting untuk memacu profesionalisme kami dalam bekerja”, ujar Sri Handayani, staff Subbid Kerjasama Puslit Kimia LIPI yang bertugas di stan pameran LIPI. Tercatat lebih dari 200 orang pengunjung yang mendatangi stan LIPI dalam Pameran Lab Indonesia 2010 yang berlangsung tanggal 14 sampai 16 April 2010 di Jakarta Convention Center.

 

Lab Indonesia 2010 merupakan pameran laboratorium internasional terbesar di Indonesia yang menampilkan informasi terbaru tentang perkembangan laboratorium, jasa analisis dan teknologi instrumentasi dengan standar internasional. Pameran yang diikuti oleh lebih dari 70 peserta  dari berbagai negara ini, yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Korea, Jerman, China dan India mewakili produsen di berbagai bidang seperti bidang analitik, kalibrasi, teknologi proses kimia , lab uji, lab instrumen, lingkungan dan sistem pengendalian pencemaran, kesehatan dan peralatan kerja,  penanganan kimia, transportasi dan penyimpanan. Pameran ini juga memberikan kesempatan bagi perusahaan yang bergerak dibidang scientific equipment dan manufaktur untuk dapat menggelar peralatan dan teknologi yang telah dirancang khusus guna memenuhi kebutuhan profesional dan standar internasional dari para penggunanya, serta mengembangkan kontak bisnis dan jaringan dengan berbagai pihak seperti perusahaan manufaktur, institusi riset dan pengembangan, serta kalangan akademisi dan universitas, khususnya di Indonesia, dan di wilayah Asia Pasifik, Eropa dan Amerika pada umumnya.

 

Pada pameran internasional ini LIPI menampilkan informasi mengenai 3 Pusat Penelitian di LIPI yang terkait dengan kegiatan di atas, yaitu Pusat Penelitian Kimia (P2Kimia), Pusat Penelitian Kalibrasi, Instrumentasi, Metrologi (P2KIM), serta Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian (P2SMTP).  Pusat Penelitian Kimia LIPI dalam hal ini memberikan informasi tentang kegiatan penelitian yang dilakukan di P2Kimia serta penunjang kegiatan seperti layanan jasa analisis dan pembelajaran melalui brosur-brosur, standing banner dan penyajian sampel bahan acuan pangan yang sudah lengkap sertifikasinya. Beberapa pengunjung menanyakan hasil riset LIPI yang dapat dijual ke pasar internasional.

Selama pameran berlangsung diskusi dengan pengunjung yang mengunjungi stan LIPI dari berbagai perusahaan/industri, instansi, akademisi dan perorangan yang berasal dari kalangan industri kimia, farmasi, pangan, bioteknologi, lingkungan, lab pengujian, palm oil, petroleum, konsultan, education & training, lab riset dan teknologi, perusahaan trading dan manufaktur, produsen karet dan plastik, praktisi kesehatan, dll.

 

Pada umumnya para pengunjung tertarik dengan layanan jasa analisis yang dapat diberikan LIPI, kalibrasi instrumen, pengujian alat-alat kesehatan, serta jasa pembelajaran di Pusat Penelitian Kimia LIPI seperti training kimia dan kalibrasi. “kegiatan pameran seperti ini sangat penting untuk menjembatani komunikasi secara langsung dengan para stakeholder dan juga para pengguna hasil riset LIPI”, ujar Sri.

ZONA INTEGRITAS