Berita

Semangat Baru 2018: Penganugerahan Peneliti Berprestasi, Sosialisasi SOP dan Manajemen Mutu Berbasis KNAPPP


Administrator, 12 Januari 2018

[Berita P2 Kimia, Serpong] Mengawali lembaran baru di tahun 2018, Pusat Penelitian Kimia-LIPI (P2 Kimia) menggelar pertemuan dengan mengundang seluruh karyawannya. Bertempat di Ruang Rapat Besar lantai 2, acara diadakan pada hari Jum’at, 12 Januari 2018. Acara ini merupakan tindak lanjut kegiatan rapat pimpinan (rapim) yang diadakan 3 Januari 2018 dengan agenda penyusunan SOP, pergantian Tim PME (Pengawasan, Monitoring dan Evaluasi) serta evaluasi capaian tahun 2017. Di samping para peneliti, hadir pula sejumlah pejabat struktural di acara tersebut. Selain itu, pada kesempatan tersebut juga dilakukan pre-launching penerapan sistem manajemen mutu berbasis Komite Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan (KNAPPP). KNAPPP merupakan panduan sistem manajemen mutu yang dikeluarkan oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk diterapkan di instansi pemerintah yang bergerak dalam bidang penelitian dan pengembangan.

“Kita sangat bersyukur, berkat kerja keras dan kerjasama semuanya, P2 Kimia memperoleh capaian memuaskan di tahun 2017,” ujar Kepala P2 Kimia, Dr. Agus Haryono sangat mengawali sambutannya. Dijelaskan oleh Agus, tahun 2017 P2 Kimia LIPI berhasil mencapai 22 paten dan rangking ke-4 se-LIPI dalam pelaksanaan anggaran tahun 2017. “Ini adalah suatu capaian yang membanggakan, sekaligus sebagai pertanggungjawaban kita kepada masyarakat dimana kita merupakan instansi penelitian yang dibiayai APBN. Harapannya kinerja yang baik ini dapat terus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan untuk masa yang akan datang,“ ujar Agus lebih lanjut.

Di samping itu, sejumlah peneliti juga berhasil mengukirkan prestasinya. Publikasi mereka berhasil menembus indeks Web of Science (Thomson Reuters/ Clarivate Analytics). Para peneliti tersebut diundang ke depan untuk menerima penghargaan. Mereka adalah Prof. Dr. M. Hanafi, Dr. Edi Iswanto Wiloso, Dr. Siti Nurul Aisyiyah Jenie, Dr. Ajeng Arum Sari, Dr. Adid Adep Dwiatmoko dan Dr. Sofa Fajriah. Kepala P2 Kimia secara simbolis memberikan ucapan selamat dan penghargaan kepada para peneliti tersebut. Sebagai informasi, setiap tahun, masing-masing peneliti P2 Kimia diwajibkan untuk mencapai target tertentu sesuai dengan jenjang fungsionalnya. Hal ini juga merupakan salah satu pertanggungjawaban kepada publik sejalan dengan penerapan reformasi birokrasi di LIPI. Ketidaktercapaian target sesuai dengan yang ditetapkan, memberikan konsekuensi kepada peneliti misalnya dengan diberlakukannya pemotongan tunjangan kinerja pada tahun berikutnya kepada peneliti yang bersangkutan.

Usai penganugerahan penghargaan, acara dilanjutkan dengan sosialisasi SOP (prosedur operasi standar/ Standard Operating Procedure) dan pre-launching Manajemen Mutu KNAPPP yang diimplementasikan di P2 Kimia. SOP yang disosialisasikan antara lain SOP kegiatan penelitian, analisa kimia, penggunaan peralatan, perjalanan dinas, pengajuan berhalangan kerja dan sebagainya. Para peneliti tampak menyimak pembahasan yang diberikan dan beberapa kali mengajukan pertanyaan atas detail pelaksanaannya.

“Diharapkan dengan diterapkannya sistem mutu berbasis KNAPPP ini, kualitas penelitian di P2 Kimia terus meningkat dan dapat terakreditasi tidak lama lagi,“ terang Dr. Galuh Widiyarti selaku koordinator Tim Penerapan Sistem Mutu KNAPPP. Dijelaskannya lebih lanjut, berbagai SOP di P2 Kimia telah dikaji dan diperbaiki guna memenuhi persyaratan sistem manajemen mutu penelitian KNAPPP. Akreditasi KNAPPP ini juga merupakan salah satu target capaian P2 Kimia sebagai Pusat Unggulan Iptek Bioetanol Generasi Kedua. <aars/p2 kimia, add: sjw>.

ZONA INTEGRITAS