: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Torehan Kinerja Emas di Peringatan 55 Tahun P2 Kimia LIPI


Administrator, 09 Mei 2017

[Berita P2 Kimia, Serpong] Hari Jum’at, 10 Februari 2017, telah berkumpul banyak orang berpakaian olah raga di halaman depan Gedung Pusat Penelitian (P2) Kimia LIPI. Pagi itu, mereka tengah bersiap melaksanakan rangkaian peringatan 55 tahun perjalanan P2 Kimia LIPI (27 Januari 1962 – 27 Januari 2017).

Hujan rintik rintik yang tidak kunjung reda membuat panitia melaksanakan rencana cadangan. Bertempat di ruang pilot plant belakang, senam bersama seluruh sivitas pun tetap dilangsungkan.  Senam bersama dipimpin instruktur berpengalaman Ci Lily. Setelah acara senam bersama, hujan pun reda, dan para peserta kembali ke depan.

Di ruang parkir depan, telah tersedia sejumlah stand dengan aneka ragam dagangannya. Beberapa yang dijual diantaranya pakaian muslim, pakaian anak-anak, sepatu, lauk pauk, cemilan kering, kebab, sosis bakar, empek-empek, dan aneka ragam makanan lainnya. Makanan ini ternyata digemari oleh para pengunjung.  Tak lupa pertunjukkan band lokal P2 Kimia turut mengiringi acara. Sejumlah karyawan pun didapuk menjadi penyanyi dadakan.

Acara dilanjutkan dengan lomba menyusun baut bertingkat yang dilakukan secara berpasangan. Kegiatan ini memang dikoordinasi oleh Bidang Sarana Penelitian, sehingga lomba yang digelar pun cukup unik. Dengan tekun, para peserta menyusun satu persatu baut hingga enam tingkat. Mereka dinyatakan menang jika baut sudah tersusun rapi dan stabil selama beberapa waktu.

“Ya, sayang sekali, “ keluh penonton histeris, melihat salah satu peserta sudah berhasil menyusun hingga tingkat lima tapi roboh.

Setelah berjibaku cukup lama, akhirnya pasangan Dr. Rosi Ketrin dan Dra. Puspa Dewi N.  berhasil menyelesaikan tantangan ini paling awal. Mereka, bersama dua pasangan lain mendapatkan bingkisan hadiah kemenangan.

Lomba berikutnya, masih terkait sarana prasarana P2 Kimia, adalah menyusun puzzle. Puzzle itu bergambarkan alat-alat laboratorium yang ada di P2 Kimia. Di lomba ini, Luthfiana Nurul H. dan Dillani Putri Ramadhaningtyas berhasil menjadi pemenang pertama.

Usai lomba, panitia membagikan sejumlah doorprize hiburan. Doorprize tidak hanya diberikan untuk karyawan peserta kegiatan, tapi juga penjaga stand bazaar.

Torehan Kinerja Emas

Menginjak acara inti, para karyawan berkumpul di ruang lobby dan halaman P2 Kimia. Di sini, Kepala P2 Kimia, pejabat struktural dan koordinator kelompok penelitian akan menandatangani perjanjian kinerja. Perjanjian ini memuat rencana target capaian P2 Kimia tahun 2017.

“Kita patut bersyukur, P2 Kimia telah berhasil mencapai target kinerja tahun lalu, bahkan diantaranya menorehkan prestasi terbaik, “ buka Dr. Agus Haryono, Kepala P2 Kimia LIPI.

“Pertama, jumlah publikasi kita adalah terbanyak se-kedeputian IPT, “ lanjut Agus. “Kedua, jumlah paten kita mencapai tertinggi se-LIPI, “ terang doktor lulusan Waseda University, Jepang ini.

Tepuk tangan riuh langsung bergema. Para peneliti tampak senang mendengar penjelasan Agus. Tepuk tangan ini masih berlanjut saat Kepala P2 Kimia melanjutkan beberapa capaian lainnya, termasuk kerjasama penelitian, pemasyarakatan iptek, lengkapnya laporan administrasi, dsb.

“Ini semua bisa tercapai berkat dukungan dan kerjasama kita semua. Dan semoga capaian ini bisa ditingkatkan di tahun 2017, “ pungkasnya.

Kepala P2 Kimia membacakan target kinerja tahun 2017. Selanjutnya, dilakukan penandatanganan perjanjian kinerja dengan para pejabat struktural dan koordinator keltian.

Menjelang siang, acara diakhiri dengan makan bersama. Sejumlah pedagang bazaar pun mulai berkemas menutup dagangannya. (ES & aars/ P2 Kimia)

ZONA INTEGRITAS