Berita

UII dan Grasindo Jalin Kolaborasi Riset dengan P2 Kimia LIPI


Administrator, 24 Agustus 2017

[Berita P2 Kimia, Serpong] Sebagai satuan kerja di LIPI, P2 Kimia terus melakukan fungsi pengembangan riset dan diseminasi hasil-hasilnya. Kamis (24/08), P2 Kimia bersama mitranya melakukan penandatanganan 2 (dua) kerjasama secara berurutan. Yang pertama antara P2 Kimia dengan Program Studi Teknik Kimia – Universitas Islam Indonesia (UII) dan yang kedua adalah antara P2 Kimia dengan PT. Graha Atsiri Indonesia (Grasindo).

Bertempat di Ruang Rapat Utama P2 Kimia, dari UII hadir Kepala Program Studi Teknik Kimia beserta sejumlah staf pengajar. Adapun dari PT. Graha Atsiri Indonesia, hadir Mochtar Noor Istizam yang merupakan direktur utama di perusahaan yang fokus pada pengembangan atsiri tersebut.

Mengawali rangkaian acara Dr. Agus Haryono selaku Kepala P2 Kimia menyampaikan sambutan sekaligus ucapan selamat datang kepada kolega dari UII dan PT. Grasindo.

“Pagi ini merupakan momen yang sangat penting bagi kita bersama karena institusi penelitian, universitas dan industri akan bersepakat untuk melakukan riset dan menerapkan riset tersebut secara nyata di dunia usaha,” buka Agus dalam sambutannya.

“Melalui kegiatan penandatangan kerjasama ini sinergi antara akademisi, bisnis dan institusi penelitian akan dapat terjalin. Ini merupakan pola ideal yang diharapkan pemerintah kita selama ini terkait pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kita bersama berharap pola-pola semacam ini akan terus berlangsung sehingga kegiatan penelitian dan pengembangan semakin mendapat posisi di Indonesia,” lanjut pria yang juga peneliti senior di P2 Kimia tersebut.

Agus lalu memperkenalkan staf dari P2 Kimia yang hadir dalam seremoni penandatangan kerjasama. Prof. Tursiloadi, Prof. Yanni Sudiyani, Dr. Nino Rinaldi, Dr. Rizna Triana, Egi Agustian, M.Eng, Dr. Adep Dwiatmoko merupakan para peneliti yang hadir dalam seremoni tersebut. Selain itu, nampak juga Dr. Yenni Meliana, Kepala Bidang Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Penelitian (PDHP), serta Sujarwo, Kepala Sub Bid Kerjasama P2 Kimia.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dan pemaparan dari Ketua Program Studi Teknik Kimia UII, Dr. Faisal R. M. “Kami menyampaikan terimakasih atas sambutan hangat dari P2 Kimia. Penandatanganan nota kesepahan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Kepala Pusat Penelitian Kimia yang lalu ke kampus kami,” ungkap Faisal dalam pembukaannya.

“Saya berharap, penandatangan ini menjadi awal hubungan baik antara UII dengan LIPI untuk bersinergi dalam kegiatan penelitian dan pengembangan iptek. Selanjutnya, kita akan merealisasikan nota kesepahaman ini ke dalam kerjasama-kerjasama teknis implementatif,” ujar Faisal dalam kesempatan tersebut.

Guna memperkenalkan profil P2 Kimia, Dr. Yenni Meliana menyampaikan pemaparan profil P2 Kimia. “Satuan kerja kami terdiri dari bagian, bidang, serta kelompok penelitian. Kelompok penelitian merupakan kelompok jabatan fungsional. Kami memiliki beberapa kelompok penelitian, mulai dari food and analytical chemistry sampai dengan biomass and enviromental chemistry,” papar wanita yang merupakan Kabid PDHP tersebut.

Sebagai inti dari kegiatan hari itu, selanjutnya dilakukan seremoni penandatangan.

“Untuk penandatangan pertama, kami mengundang Direktur PT. Grasindo dan Kepala P2 Kimia untuk melakukan prosesi penandatanganan. Serta kami undang Prof. Tursiloadi untuk menjadi saksi penandatangan ini,” Sujarwo mempersilakan prosesi penandatanganan antara P2 Kimia dengan PT. Grasindo. Setelah sesi penandatanganan pertama selesai, selanjutnya Sujarwo mempersilakan Ketua Prodi Teknik Kimia UII dan Kepala Pusat Penelitian Kimia untuk melakukan penandatangan nota kesepahaman.

“Kami mengundang Ibu Prof. Yanni Sudiyani untuk menjadi saksi penandatanganan nota kesepahaman antara Program Studi Teknik Kimia UII dengan P2 Kimia mengenai pendidikan dan penelitian,” pinta Ka Sub Bid Kerjasama kepada Yanni, Professor sekaligus peneliti senior bidang biomassa dan energi P2 Kimia.

Setelah prosesi penandatangan selesai, acara dilanjutkan dengan foto bersama dan tanya-jawab. Usai diskusi yang berlangsung hangat dan akrab tersebut, acara dilanjutkan dengan kunjungan ke beberapa laboratorium serta fasilitas pilot plan bioetanol generasi kedua. Dr. Adep Dwiatmoko memandu rombongan berkeliling di Gedung 452 Kawasan Puspiptek Serpong, tempat P2 Kimia berada. <SJW/ p2kimia>

ZONA INTEGRITAS