Berita

Uji Coba Riset Polimer Untuk Senjata Genggam, Peneliti P2 Kimia Kunjungi PT. Pindad di Bandung


Administrator, 18 Mei 2018

[Berita P2 Kimia, Bandung] Kepala Pusat Penelitian (P2) Kimia LIPI, Dr. Agus Haryono, didampingi sejumlah peneliti mengunjungi fasilitas pabrik pembuatan senjata PT. Pindad. Kunjungan ini merupakan bagian dari tindak lanjut pembahasan kerjasama antara P2 Kimia dan PT Pindad. P2 Kimia dengan PT. Pindad telah melakukan kerjasama pengembangan material polimer thermoplastik untuk diaplikasikan pada produksi senjata genggam. Kegiatan riset tersebut juga didanai oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui Program Pengembagan Teknologi Industri (PPTI).

“Kerjasama penelitian dan pengembangan ini dimulai sejak tahun 2017,“ terang Dr. Agus Haryono saat menjelaskan latar belakang kerjasama. “Saat itu, tim peneliti kami telah berhasil menentukan formulasi bahan polimer thermoplastik untuk senjata genggam, dengan tahap awal warna hitam,“ lanjutnya. Agus menerangkan bahwa dengan adanya bahan polimer ini, diharapkan dapat memperingan bobot senjata genggam yang dibuat.

Rombongan dari P2 Kimia ini disambut oleh Dr. Hery Mochtady, M.Eng. Vice President PT. Pindad. Hery mengungkapkan optimismenya terkait pengembangan senjata genggam berbahan polimer ini di masa mendatang. “Semoga kerjasama yang dimulai dari senjata genggam laras pendek ini dapat diteruskan untuk senjata tipe lainnya,“ terang Hery mengungkapkan harapannya. "PT. Pindad sangat berkomitmen untuk terus melakukan penelitian dan pengembangan dengan berkolaborasi bersama Lembaga Litbang. Kami yakin kolaborasi ini akan membawa dampak yang signifikan pada pengembangan produk di perusahaan kami," lanjutnya.

Usai berdiskusi, rombongan diajak melihat-melihat beberapa lokasi fasilitas produksi dan uji coba senjata. Para peneliti juga diajak mencoba prototipe senjata baru yang telah dikembangkan dari penelitian mereka menggunakan bahan polimer. Turut serta dalam kunjungan tersebut, Dr. Yenny Meliana, Kepala Bidang Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Penelitian P2 Kimia.

Muhammad Ghozali, M.T., peneliti bidang polimer P2 Kimia, selaku koordinator kerjasama penelitian antara PT. Pindad dengan P2 Kimia mengungkapkan bahwa dia bersama tim sangat menyambut positif terkait pencapaian kerjasama penelitian tersebut. Dirinya merasa termotivasi karena penelitian yang dilakukan di laboratoriumnya bersama tim dapat diaplikasikan di PT. Pindad. "Ini tentunya menjadi pemacu semangat bagi saya bersama tim untuk terus melakukan riset dan pengembangan dalam bidang polimer. Merupakan suatu kebahagiaan apabila hasil riset kami dapat dimanfaatkan oleh industri. Apalagi industri strategis nasional seperti PT. Pindad ini," ungkap Ghozali saat dimintai kesan dan pesannya. <aars/ p2k>

ZONA INTEGRITAS