: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Workshop Penulisan Ilmiah Internasional, Upaya P2 Kimia Angkat Martabat Bangsa Lewat Publikasi


Administrator, 08 Mei 2017

[Berita P2 Kimia, Serpong] Ford Lumban Gaol, pembicara dalam pelatihan ini yang saat ini menjabat sebagai wakil direktur IEEE Indonesia, membuka bahasannya dengan sedikit cerita saat menghadiri pertemuan IEEE di tingkat ASEAN. Dalam 3 menit waktu yang disediakan untuknya menyampaikan sambutan, Ford kala itu berujar, “Jika dibandingkan jumlah masyarakat Indonesia yang berprofesi sebagai peneliti di Indonesia, maka akan setara dengan jumlah masyarakat Singapura yang dalam usia produktif saat ini. Dan jika dibandingkan jumlah sarjana Master dan Doktor di Indonesia yang begelut di bidang akademik dan penelitian saat, maka bisa jadi setara dengan jumlah masyarakat Malaysia dalam usia produktif saat ini. Sehingga, tinggal masalah waktu untuk Indonesia bisa memiliki jumlah publikasi yang lebih banyak daripada yang negara negara Anda miliki. Jika saat ini perhitungan berdasarkan persentase jumlah penduduk, memang terlihat paling kecil. Tetapi yang terlihat paling kecil itu adalah bagian dari sebuah negara yang besarnya mungkin sulit untuk bisa Anda bayangkan!”

Pada acara makan malam di hari yang sama, Direktur IEEE ASEAN menyatakan kekagumannya atas kelihaian Ford dalam mencuplik fakta dan mengemasnya sehingga menggugah para pendengar.

Kelihaian inilah yang diharapkan bisa ditularkan pada para peserta Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Internasional yang diselenggarakan pada hari Kamis dan Jumat, 20 – 21 April 2017. Demikian harapan tersebut disampaikan oleh Dr Arthur Lelono sebagai perwakilan Kepala Pusat Penellitian (P2) Kimia LIPI dalam sambutannya saat membuka acara.

Peserta pelatihan berasal dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Swiss German University dan Universitas Haluoleo, walaupun didominasi oleh peneliti P2 Kimia dan beberapa pusat penelitian LIPI seperti PP Fisika dan PP Metalurgi. Antusiasme peserta terlihat dari 32 peserta hadir yang melebihi dari jumlah yang direncanakan.

Workshop ini juga memberikan panduan untuk mengajukan proposal pada penyandang dana yang bertaraf internasional. Tidak hanya memerlukan kemampuan berbahasa Inggris yang memadai, menulis proposal dan artikel ilmiah sejatinya membutuhkan kemampuan dalam mengulik fakta fakta unik dan bermanfaat. Fakta unik dan bermanfaat ini selanjutnya dikemas untuk diselaraskan tidak hanya dengan cita cita dasar penyandang dana namun juga dengan kemashlahatan bangsa Indonesia.

Pada hari berikutnya, pelatihan memberikan panduan lengkap dalam menyusun kutipan dan daftar pustaka sesuai dengan Mendeley. Pelatihan dipandu oleh salah seorang peneliti muda berprestasi P2 Kimia, Dr Andrianopsyah Mas Jayaputra. Penggunaan software Mendeley akan sangat membantu para peneliti dalam mengikuti aturan penulisan artikel di berbagai jurnal ilmiah internasional yang seringkali memiliki aturan yang berbeda. Selain itu, penulisan referensi dengan Mendeley membantu pendataan dalam deteksi dan rekapitulasi sitasi. Jika semua penulisan referensi sesuai aturan, maka penulis dengan mudah mengetahui kapan tulisannya dikutip penulis lain dan sebaliknya.

Setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta terutama yang merupakan peneliti P2 Kimia LIPI diharapkan memiliki kontribusi besar dalam meningkatkan jumlah publikasi artikel ilmiah di jurnal yang bertaraf internasional. Dengan demikian akan membantu terwujudnya P2 Kimia LIPI sebagai salah satu Pusat Unggulan IPTEK (PUI) sebagai cita cita jangka menegah, dan mewujudkan negara Indonesia yang lebih bermartabat di hadapan dunia akademisi dan ilmu pengetahuan sebagai cita cita jangka panjangnya. <TBB/ p2kimia>

ZONA INTEGRITAS